Bangun Tanah Bumbu, dr Zairullah Kembali Mekarkan Desa Menjadi 165

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar melantik sebanyak 13 Penjabat Kepala Desa Persiapan, di Aula Bersujud Sekretariat Pemkab Tanah Bumbu, Senin (20/12/2021).

Diantaranya Penjabat Kepala Desa Tanah Merah Indah, Batu Meranti Jaya, Anugerah Sejahtera, Gunung Kanuar, Berkah Antasari, Gunung Meranti, Nunggal Jaya, Bintang Makmur, Sukadamai Barat, Sukadamai Timur, Mulya Jaya, Kebun Agung dan Desa Mekar Mulya.

Bacaan Lainnya

Selain Pj Kades, Bupati juga melantik perangkat desa, masing-masing 5 orang mulai dari sekretaris hingga pejabat lainnya. Zairullah mengingatkan, mereka yang dilantik, untuk menjalankan amanah untuk desa persiapan, sebelum menjadi desa definitif.

dr Zairullah Azhar, mengatakan dengan pelantikan kepala desa ini, artinya sudah punya tanggungjawab untuk membangun desa.

“Menjadi seorang pemimpin juga punya tanggungjawab besar dan menjalankan roda pemerintahan tingkat desa,” tegasnya didampingi Sekda Ambo Sakka, dan Asisten I Hj Mariani

Ketika menjadi seorang pemimpin, ucapnya, dalam hal ini menjadi Kepala Desa, maka sudah jatuh hak orang lain kepada pemimpinnya.

“Punya tugas untuk membangun dan menyejahterahkan masyarakatnya,” tandasnya.

Zairullah juga berharap agar Kepala Desa berkonsultasi apa yang akan dibangun untuk percepatan pembangunan dan memberikan pelayanan.

“Komunikasikan apa yang diperlu dibangun, tindakan apa yang akan dilakukan karena masih ada yang diatas, misalanya Camat, Dinas PMD hingga Bupati,” sambungnya.

Sehingga ia meminta tidak sungkan berkoordinasi untuk pembangunan desa.

“Tugas pertama yang harus dilakukan, lanjut Zairullah, data semua warga miskin, kurang mampu dan anak yatim piatu di wilayah masing-masing dan laporkan kepadanya,” harapnya.

Sementara itu, Kapala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir, menambahkan pelantikan Pj Kades ini adalah awal tugas mereka dan banyak yang harus dilakukan.

Pertama harus melakukan pendataan, inventarisasi aset dan masalah tapal batas desa. Selain itu, mempersiapkan kantor desanya. “Walau sementara sudah ada kantor sementara (menyewa), tetapi harus mempersiapkan lokasi kantor definitif nanti,” ucapnya.

Dengan pemekaran ini, harapnya, tentunya bisa mempermudah pelayanan kepada masyarakat, percepatan pembangunan infrastruktur.

“Satu hal lagi, adanya pemekaran desa ini bisa meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi bisa lebih cepat. Dan harapan kami kepada desa-desa pemekaran ini bisa memberikan inovasi dan menggali potensi desa untuk mendapatkan PADes,” pungkasnya.

Bertambahnya 13 Penjabat Kepala Desa, jumlah desa persiapan kini menjadi 21 desa, setelah beberapa bulan lalu ada 8 Desa persiapan yang juga dikukuhkan. Total desa di Kabupaten Tanah Bumbu kini menjadi 165 desa. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *