Bangun Sarana Penunjang, Pemkab Banjar Serius Kembangkan Wisata Sungai

Kabupaten Banjar, LENTERABANUA.COM – Kini semakin banyak alternatif destinasi wisata yang wajib di kunjungi di Kabupaten Banjar salah satunya Destinasi Wisata Sungai Desa Sungai Rangas Tengah.


Destinasi wisata ini di tahun 2020 telah berbenah dengan melengkapi berapa sarana dan prasarana penunjang sehingga semakin menarik untuk di kunjungi.


Keunikan objek wisata ini dengan menggabungkan dua atraksi wisata yaitu wisata alam dan wisata budaya.
Atraksi wisata alam, memanjakan wisatawan melalui pengalaman menyisir pemadangan sungai melalui siring sungai, menyeberang sungai melalui getek, dan duduk santai di seberang sungai di gazebo yang dibangun berjejer dan merasakan pengalaman berjalan diatas titian sambil memberi makan ikan.


Di seberang sungai juga di lengkapi spot untuk berfoto dan arena bermain untuk anak anak. Sebelum pandemi, Beberapa kali tiap tahun di desa ini juga ada agenda event budaya dan olahraga seperti balap jukung (perahu) dan jukung (perahu) hias naga.


Ke depan wisata sungai ini juga akan di kembangkan dengan konsep wisata edukasi dengan muatan lokal.

“Mudahan ini terwujud, akan disiapkan arena berwisata sambil belajar dengan muatan lokal, seperti menanam padi, bakacal menangkap ikan, main badungsuran lumpur lumpuran, tanahnya sdh disiapkan oleh pemerintah desa,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani, diruang kerjanya, Rabu (16/12/2020).
Wisata ini di kembangkan melalui peran aktif Pambakal (kepala desa) dan pemerintah desa. Semangat gotong royong warga setempat, dan di bantu Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan pariwisata.


“Untuk kesiapan adaptasi terhadap Tatanan normal baru di masa pandemi covid 19, melalui bidang pemasaran telah di sosialisasikan protokol kesehatan di lokasi wisata, dan di bantu beberapa peralatan penunjang protokol kesehatan dan kebersihan, dan panduan informasi kesehatan,” tutup dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *