‘ATM’ Kependudukan Disdukcapil Tanah Bumbu Akhirnya Difungsikan

Tanah Bumbu, lenterbanua.com – Keren! Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu memiliki mesin “ATM” pencetak dokumen kependudukan masyarakat secara mandiri, tanpa campur tangan birokrasi petugas pemerintahan.

Namanya Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM), yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada warganya. Mesin ini diyakini mampu memangkas waktu dan biaya operasional pengurusan.

Bacaan Lainnya

Mengawali operasionalnya, Disdukcapil melaunching penggunaannya perdananya, Rabu (15/9/2021) siang. ADM satu-satunya di Bumi Bersujud ini ditempatkan di Kantor Kecamatan Simpang Empat, dan diresmikan Asisten Administrasi Umum Setdakab Tanah Bumbu, Andi Aminuddin, didampingi Plt Kadisdukcapil Tanah Bumbu, Gento Hariadi dan Camat Simpang Empat, Suryadi.

Usai melaunching, Andi Aminuddin langsung mencoba fungsi mesin dengan mencetak kartu keluarga dan e-KTP atas namanya.

Menurut Plt Kadisdukcapil Tanah Bumbu, ADM ini merupakan inovasi baru dari Kemendagri melalui Dirjen Adminduk. Mesin ini dapat mencetak beragam dokumen masyarakat, seperti KTP elektronik, KK, KIA dan akta kelahiran.

“Terobosan ini juga sebagai upaya memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. Yakni memangkas panjangnya birokrasi, mempercepat proses dan mengurangi antrian masyarakat di Kantor Disdukcapil,” ujarnya usai launching.

Disebutkannya, penggunaan mesin ini juga mudah. Yakni setelah mengurus dokumen kependudukan Disdukcapil dalam sistem informasi administrasi kependudukan secara online nantinya akan mendapatkan PIN.

“Cukup PIN ini yang di bawa ke ADM untuk cetak dokumen. Dan masyarakat tak perlu harus ke dinas,” terangnya seraya mengatakan dengan memanfaatkan mesin ini, bisa mengurangi biaya perjalanan masyarakat karena tidak harus ke Kantor Disdukcapil. Terlebih dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Dikatakannya, kehadiran ADM ini semakin mendekatkan masyarakat dengan pelayanan administrasi kependudukan. Terkait penempatan ADM di Kecamatan Simpang Empat, alasannya karena jumlah penduduk di wilayah tertinggi di Tanah Bumbu.

“Yakni mencapai 80.372 jiwa, dengan estimasi kepala keluarga sebanyak 25 ribu lebih,” bebernya.

Dijelaskannya, mesin ADM ini diperoleh Disdukcapil tanah bumbu dari Kemendagri sebagai wujud apresiasi dan reward kepada pemkab sebagai kabupaten dengan pelayanan terbaik dalam pelayanan publik adminduk.

“Di Kalsel hanya Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru yang punya. Ini pemberian tahun 2020 lalu,” tandasnya.

Ditempat yang sama, launching mesi “ATM” kependudukan ini turut dirangkai dengan Sosialisasi Penduduk Nonpermanen dan ADM ini sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi. Kegiatan dihadiri seluruh kepala desa induk dan persiapan di Kecamatan Simpang Empat.

Dalam sosialisasi itu, Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan sambutan Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar yang berharap mesin ADM, dapat merubah paradigma Disdukcapil menjadi mudah cepat responsif dan transparan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *