Penulis : Redaksi
Tangkapan layar peta gempa yang beredar di berbagai media sosial sehingga gegerkan masyarakat Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu – Warga Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dibuat geger dengan informasi Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo berpusat di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pasalnya, gempa itu terjadi pada Selasa (29/8/2023) pukul 02.55.32 Wib saat masyarakat sedang tertidur lelap. Namun hampir tak ada yang merasakan getaran itu lantaran terjadi dini hari.

BPBD Tanah Bumbu juga menyatakan saat ini kondisi masih dalam keadaan aman terkendali.

Hal ini diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi. Pihaknya sudah mengkonfirmasi dengan Pusdalops BNPB bahwa terjadi getaran terkonfirmasi di perairan Bali.

“Gempanya dekat Tanah Bumbu dan Tanah Bumbu masih aman tidak terkonfirmasi ada getaran. Mungkin hanya sekian detik dan tidak terasa,” katanya.

Dia mengatakan, masyarakat tidak perlu panik gempa tidak dirasakan.

BPBD Kabupaten Tanah Bumbu melakukan monitoring dan berkoordinasi ke tiap-tiap Kecamatan maupun desa terkait dampak yang ditimbulkan gempa dan pihaknya bersyukur tidak ada terkonfirmasi dampak gempat tersebut.

Sebagaimana dalam laporan BNPB bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,1 Skala Richter pada Selasa (28/8/2023) tengah malam. Lokasi, Utara Perairan Bali – Lombok (NTB).

Pusat Gempa berada di laut dan gempa ini tidak berpotensi tsunami. [yat]

Advertisements