Wabup Tanbu Pastikan RDTR Sebagai Pengendali Mutu Pemanfaatan Ruang Wilayah

TANAH BUMBU, LENTERABANUA.COM – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN melalui Direktorat Perencanaan Tata Ruang menggelar Focus Grup Discussion (FGD) Penyepakatan Delineasi Kompilasi Data dan Delineasi Lokasi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Online Single Submission (OSS) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) Tahun 2020, Senin (14/12) di Batulicin.

FGD dibuka Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo dihadiri Kepala Dinas PUPR Tanbu H. Ansari Firdaus, Kepala Kantor Pertanahan Tanbu, dan SKPD terkait dilingkup Pemkab Tanah Bumbu.

Dalam sambutanya, Wabup H. Ready Kambo menyampaikan atas nama Pemkab Tanbu menyambut baik dan sangat mengapresiasi pelaksanaan FGD Penyepakatan Delineasi RDTR di Kabupaten Tanah Bumbu, karena RDTR ini berfungsi sebagai kendali mutu pemanfaatan ruang wilayah, acuan bagi penerbitan izin pemanfaatan ruang, serta acuan dalam penyusunan Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

Diharapkan dengan adanya RDTR ini nantinya akan memudahkan perizinan kepada para investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kepada para peserta FGD, terkhusus SKPD terkait agar memberikan masukan, saran, dan informasi, serta data yang diperlukan dalam penyusunan RDTR ini, sehingga dokumen yang tersusun nanti  sesuai dengan karakteristik dan pemanfaatan ruang untuk pembangunan di Bumi Bersujud,” sebutnya.

Sementara itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN melalui Dessy Kurnia, mengatakan untuk mempercepat pelaksanaan berusaha di Indonesia, Pemerintah pada tanggal 21 Juni 2018 telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik melalui penyederhanaan regulasi dan mempermudah birokrasi perizinan dengan menyatukan pengajuan, proses, dan pengeluaran perizinan  berusaha melalui system pengelolaan perizinan terpadu secara elektronik atau online single submission (oss).

Adapun maksud dan tujuan digelarnya FGD RDTR yaitu untuk menyiapkan bahan yang menjadi landasan spasial pembangunan melalui penyusunan materi teknis RDTR sebagai dasar pemberian izin dan instrumen pengendalian pemanfaatan ruang.

Tujuanya untuk membantu Pemkab Tanbu dalam penyusunan dokumen kompilasi data dan Deliniasi RDTR OSS sebagai landasan penyusunan materi teknis RDTR Kawasan Perkotaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sasaran kegiatan ini adalah tersedianya kompilasi data dan delineasi RDTR OSS kawasan perkotaan Tanah Bumbu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *