Wabup Tanah Bumbu Doakan Hannaura Falisha Juara KSN

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. Kegiatan secara resmi telah dibuka 7 November 2021 dengan mengusung tema “Talenta Sains untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh.

KSN kali ini melibatkan 2.179 siswa diseluruh Indonesia, 544 tingkat SD/MI dengan bidang lomba Matematika dan IPA. Kemudian 735 siswa tingkat SMP/MTs mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Bacaan Lainnya

Serta 900 peserta tingkat SMA/MA dengan bidang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Dari sekian banyak peserta, satu diantaranya asal Kabupaten Tanah Bumbu yang mewakili Kalsel bersama 4 lainnya. Yakni Hannaura Falisha Ekabudi, siswi SMPIT Ar Rasyid Tanah Bumbu. Dikompetisi ini terjun dibidang lomba matematika.

Hannaura Falisha Ekabudi bertanding selama 2 hari, dari 8 hingga 9 November 2021. Ia mengikuti lomba dari sekolahnya masing-masing secara virtual.

Untuk mempersiapkan diri, Hannaura mengaku terus belajar dengan giat dan mencoba untuk menjawab beberapa soal olimpiade dari tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya Senin (8/11/2021), sebelum mengikuti lomba yang digelar secara virtual tersebut.

Ia berharap, semua peserta dapat bersaing secara sehat dan pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional 2021 ini, dan lomba dapat berjalan dengan lancar.

“Doakan saya mampu memberikan hasil terbaik bagi daerah, baik Kabupaten Tanah Bumbu maupun Provinsi Kalimantan Selatan,” harapnya gadis kelahiran 22 September 2008 silam ini.

Sementara ibunya Yuli Eka Sari, AMD.Keb, dalam menghadapi KSN ini, putrinya melakukan persiapan dengan tetap belajar giat, kemudian rajin berlatih mengerjakan soal-soal. Terutama soal olimpiade yang sudah pernah berlangsung ditahun sebelumnya.

“Selain itu, melalui media online dan medsos mencari informasi mengenai hal-hal terkait bidang matematika tersebut,” ungkapnya, Senin (8/11/2021).

Sebagai orang tua, ia berharap semua yang menjadi cita-cita Hannaura bisa tercapai. Yakni menang dalam kompetisi tingkat nasional ini, dan bisa meneruskan perjuangan ke kancah internasional.

“Mambawa nama Kalsel khususnya Kabupaten Tanah Bumbu ke internasional dengan prestasi dibidang matematika,” lanjutnya.

Terkait dukungannya selama ini, Yuli mengaku, selalu memberikan support secara mental dan spiritual, secara langsung dengan memberikan kepercayaan kepada anaknya untuk mengeksplor kemampuannya di bidang eksak ini.

“Supaya lebih terampil dan bermanfaat untuk saat ini dan dikemudian hari,” sambungnya.

Selain dukungan darinya secara pribadi, dirinya juga menyiapkan pendampingan dari pihak sekolah. Yaitu Kepala SMPIT Ar Rasyid, Indarwana, SAg MPd dan guru pendamping bidang matematika, Hasriani, SPd yang secara terus menerus dilakukan dan intensif, menambah semangat untuk Hannaura.

“Saya mendoakan dan berharap doa kepada masyarakat Bumi Bersujud dan warga Kalimantan untuk memberikan dukungan bagi anakda Hannaura agar bisa mempersembahkan prestasi terbaik,” imbuhnya.

Keberhasilan Hannaura mewakili Tanah Bumbu dan Kalsel diajang KSN 2021, mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli. Ia mendoakan agar siswi SMPIT Ar Rasyid ini menjadi juara dalam kompetisi nasional ini.

“Saya doakan putri kita Hannaura bisa menjalani lomba dengan semangat yang tinggi dan mampu menjadi pemenang,” ajaknya.

Muhammad Rusli juga mengaku bangga, putri Tanah Bumbu ini mampu menjadi salah satu wakil Kalsel diajang ini.

“Ini sebuah prestasi yang luar biasa. Semoga Hannaura bisa mengharumkan nama daerah dan berhasil menggapai cita-citanya,” tandasnya.

Rusli memberikan semangat agar semua putra-putri Tanah Bumbu lainnya juga mengikuti jejak Hannaura untuk menorehkan prestasi dibidang sains.

Hannaura menjadi salah satu dari 5 peserta KSN setelah lulus usai mengikuti seleksi tingkat provinsi berlangsung 11 Oktober 2021 lalu. 4 peserta lainnya berasal dari Kotabaru 2 siswa, Tapin 1 orang dan HST 1.

Dari daftar riwayat dan perjalanan kiprah Hannaura selama ini mengikuti beragam lomba sudah banyak medali dan penghargaan yang didapatkan. Semua itu berkat kegigihan dan perjuangannya yang tak pernah padam untuk terus belajar dan mengejar ilmu. ***

Berikut diantaranya berbagai prestasi yang pernah ditorehkan Hannaura Falisha Ekabudi:

– Juara 2 Physics Competition 2019, Diselenggarakan Oleh Mahasiswa HIMAPSIKA FKIP Universitas Lambung Mangkurat th 2019

– Juara 3 Lomba Pantomim dalam FLS2N Olimpiade Tingkat SD th 2017

– Juara 3 Lomba Pantomim dalam FLS2N Olimpade Tingkat SD Tahun 2018

– Juara 3 Lomba Karate Putri Dalam Olimpiade FLS2N Tingkat SD Tahun 2019

– Juara 3 Lomba IPA Dalam Olimpiade Sains Nasional, O2SN Tingkat SD Tahun 2019

– Kompetensi Sains Nasional ( KSN ) Bidang Matematika jenjang SMP tingkat Kabupaten tahun 2021

– Kompetensi Sains Nasional ( KSN ) Bidang Matematika Jenjang SMP Tingkat Provinsi tahun 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *