Tingkatkan Peran Strategis Posyandu Tekan Angka Stunting, Samsir: Kita Inisiasi Rakor!

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Geliat Posyandu menjadi isu yang mengemuka dalam Raker SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten dan Camat se Tanah Bumbu yang dibuka Bupati dr Zairullah Azhar pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Bupati saat itu menyinggung tentang peran strategis Posyandu. Yakni agar di desa atau kelurahan dapat meningkatkan partisipasinya, khususnya dalam mencegah dan meminimalisir laju angka stunting.

Menyikapi sorotan itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu, menginisiasi rakor perdana di Ruang Rapat Bersujud Kantor Bupati dengan menghadirkan sejumlah pimpinan SKPD terkait, Kamis (27/1/2022) kemarin.

Diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Pengurus TP PKK Kabupaten, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Pengurus Pokjanal Kabupaten dan Kecamatan.

Dibuka Asisten III Andi Aminuddin atas nama Bupati. Andi mengatakan rakor ini dalam rangka menindak lanjuti Visi Misi Bupati, yakni “Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Relegius dan Demokratis.”

Disebutkannya, salah satu yang ingin diwujudkan, adalah memberikan pelayanan di Posyandu agar menjadi prioritas yang harus ditindak lanjuti para SOPD yang terkait untuk serius menggerakkan Posyandu di Desa atau Kelurahan.

Tujuan rakor, menurut Kadis PMD Tanah Bumbu, Samsir, untuk sinergitas SKPD terkait, membahas peranan Pokjanal kabupaten melakukan pembinaan dan evaluasi terhadap Posyandu yang ada di desa atau kelurahan.

“Kita harapkan kerjasama semua Camat, Ketua PKK Kecamatan dan Pokjanal Kecamatan menjadi garda terdepan dalam pembinaan di desa kelurahan,” ucap Samsir.

Yakni dengan sinergitas yang baik tentu apapun permasalahannya bisa diselesaikan dengan baik.

Karena Bupati berharap tingkat kehadiran masyarakat di Posyandu harus tinggi agar bayi dan balita lahir dalam keadaan sehat dan tidak stunting.

Oleh sebab itu, lanjutnya, peranan kader Posyandu dan kader Dasa Wisma menjadi ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, disisi lain tentu dalam meningkatkan partisipasi Posyandu kesejahteraan kader juga perlu perhatian.

“Termasuk pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita. Tak terkecuali peranan PKK Kabupaten, Kecamatan dan desa juga menjadi komitmen untuk meningkatkan partisifasi Posyandu,” imbuhnya.

Pokja 4 Ny Elly Irawati menyampaikan sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Wahyu Widarti Zairullah, menyebutkan perlu adanya peningkatan kapasitas Kader PKK Desa, Pembinaan Posyandu oleh Pokjanal Kabupaten.

“Status 20 Posyandu agar dapat ditingkatkan menjadi madya,” ungkapnya.

Dilain sisi, Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Loban, Ny Indri Rusdiansyah mengatakan dalam rangka meningkatkan partisipasi posyandu perlu diberikan reward bagi kader sehingga memberikan semangat bagi posyandu lainnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *