Tanah Bumbu Bakal Kembangkan Destinasi Berkonsep Serambi Madinah di Siring Pagatan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Kabupaten Tanah Bumbu bakal memiliki destinasi wisata unggulan bertema Serambi Madinah. Yakni dengan menata kawasan Siring Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Tak tanggung-tanggung, Pemkab Tanah Bumbu akan menggelontorkan dana Rp 150 Miliar untuk penataan siring yang berada ditepian Jalan Nasional di Desa Sungai Lembu tersebut. Menariknya, dilokasi itu juga akan berdiri megah masjid apung, yang sedang proses pembangunan.

Bacaan Lainnya

Siring Pagatan ini akan mulai ditata di 2022, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten Tanahbumbu. Semuanya mulai dijalankan diawal tahun 2022 secara bertahap selama tiga tahun kedepan.

“Tahun 2022 kita mulai pekerjaannya dan ini gagasan pa Bupati kita dan sudah setujui DPRD untuk penataan tempat pariwisata di Siring Pagatan,” kata Kepala Dinas Kepemudaaan Olahraga Dan Pariwisata, Hamaludin Tahir, belum lama tadi

Panjang destinasi wisata itu, mencapai 1,5 KM, ditambah dengan 600an meter setelah Jembatan Beringin.

“Perencanaan kegiatan bengembangan Pantai Bersujud (siring pagatan) sudah masuk di anggaran APBD Disporpar,” jelasnya.

Namun karena sangat kompleks, ada bangunan jalan, ada bangunan gedung dan ada pedesterian sehingga anggaran dialihkan ke PUPR. Pembangunan mulai tahun 2022 sampai dengan 2024.

“Ini akan dikerjakan secara multiyears selama tiga tahun anggaran. Tahun pertama di 2022 ini, kita anggarkan 30 Miliar dulu, sudah disetujui,” ungkapnya..

Anggaran itu, tambahnya, untuk pengerjaan segala macam perizinan hingga pembebasan lahan serta sedikit pengerjaan fisik di Siring tersebut.

Pembangunan wisata Siring Pagatan ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari wisata religi, foodcourt, resort, jogging track, gajebo dan tempat santainya dengan pandangan Pantai Pagatan.

“Jadi tempat ini akan menjadi pusat pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu yang begitu strategis. Dan nanti disana akan dijadikan dua jalur,” sambungnya.

Ditanya alasan membangun destinasi pariwisata tersebut, melihat perkembangan perekonomian dan pariwisata ini justru akan terus berjaga dan ini juga akan meningkatkan pendapatan daerah. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *