Sejak Bocah Suka Bersolek; Ibu Bhayangkari Sukses Geluti Homecare Bernilai Rp.30 Juta Per Bulan

Berawal dari suka bersolek sejak masih duduk dibangku sekolah, seorang ibu Bhayangkari di Polres Tanah Bumbu bisa berpenghasilan puluhan juta rupiah perbulan. Selain cara kerjanya tergolong unik dan tidak seperti bisnis lazimnya, dari usahanya yang dirintis sejak sepuluh tahun lalu itu bahkan mengantarkannya meraih penghargaan.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dari kesukaannya bersolek, Melinda Didik Supriyanto, anggota Bhayangkari Polsek Karang Bintang, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini, menjelma menjadi seorang ahli kecantikan berprestasi. Menariknya, bisnis salon kecantikan yang dikelolanya terbilang unik. Yakni melayani konsumen langsung ke rumah pelanggannya.

Bacaan Lainnya

Wanita kelahiran 22 Maret 1992 silam ini merintis rumah kecantikan dibawah bendera Klinik Yourskin Home Care sejak 2011 lalu ditempat tinggalnya yang sederhana, di Perumahan Bumi Bersujud Blok J No.24 desa Barokah, kecamatan Simpang Empat, kabupaten Tanah Bumbu.

Istri seorang anggota polisi ini mengaku, awal membangun bisnis dijalani dengan penuh lika-liku dan perjuangan. Ditemani motor kesayangannya, ia menyambangi rumah-rumah konsumen. Dalam perjalanan ke rumah pelanggan, ia pernah mengalami beragam rintangan dan hambatan.

“Dari dikejar anjing, dilompati monyet, hingga terhalang cuaca. Paling sering kehujanan. Namun semua itu saya lalui dengan sabar,” kata ibu dua anak ini, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya, awalnya ia membangun bisnis ini hanya untuk memudahkan kaum hawa mendapatkan layanan perawatan kecantikan, tapi malas keluar rumah. Namun seiring waktu, ternyata caranya memanjakan pelanggan menarik minat banyak konsumen untuk memanfaatkan jasanya.

“Bakatnya saya memang sudah tumbuh sejak bocah, karena senang bersolek. Kemudian saya mencoba mengasah keahlian dengan mengikuti pelatihan perawatan kecantikan hingga memiliki beberapa sertifikat,” kata istri Aipda Didik Supriyanto.

Setelah punya keahlian dan skil bersertifikat perawatan wajah, lanjutnya, ia lantas membuka usahanya. Tak disangka kini malah kebanjiran job dari berbagai kalangan. Baik arus bawah, komunitas pejabat hingga pengusaha besar di kabupaten Bumi Bersujud.

Usahanya ini ternyata sudah dikenal orang banyak dikalangan pejabat dan pengusaha di kabupaten Tanbu bahkan dari luar daerah. Ia mengaku, akan menjaga kepercayaan konsumen dengan hasil perawatan yang dilakukannya, agar membuat semua pelanggan terkesan. Dijelaskannya, sehingga hari-harinya selalu disibukkan dengan memberikan layanan perawatan kecantikan kepada pelanggannya.

“Dalam sehari saya bisa melayani hingga 6 orang pelanggan. Meski demikian, saya tetap ingat kodrat sebagai istri dan seorang ibu. Makanya jam kerjur dari pukul 10 pagi sampai sore hari, walau kadang bisa hingga malam. Namun selama pandemi agak dilonggarkan, dan selalu menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Dari usahanya itu, setiap bulan ia bisa meraup penghasilan hingga Rp.30 juta. Dari bisnisnya, ia bahkan mendapatkan penghargaan tingkat nasional dari Indonesia Award Magazine, bersaing dengan Owner Klinik Kecantikan ternama di Indonesia. Tapi berkat usaha kecantikan sistem homecare yang dikelolanya, ia mampu menyisihkan pesaing lainnya meraih predikat terbaik.

Kesuksesan dan kemampuannya memoles wajah konsumen bukan pepesan kosong. Sejumlah pelanggan setianya memberikan apresiasi atas semua yang sudah diraih Melinda. Seperti Anindya Risa Destiana yang rutin menggunakan jasanya selama 4 tahun terakhir, mengacungi jempol sistem rumah kecantikan yang dibangun Melinda.

“Ditengah kesibukan saya, kehadiran home care sangat membantu dalam menjaga kualitas wajah ini. Saya terkesan dan kagum, makanya menjadi pelanggan setia,” ucap Kasi Pelayanan Kantor Kecamatan Simpang Empat ini.

Anin juga suka dengan keahliannya dan senang bahan perawatan wajah yang digunakan standar dan berizin seperti klinik konvensional lainnya.

“Soal tarif layanan, relatif dan terjangkau bagi semua kalangan. Saya berharap, bisnis home care Melinda terus berkembang dan dikenal masyarakat umum. Baginya, Melinda merupakan sosok wanita yang inspiratif,” pungkasnya.

Disisi lain, Melinda sendiri kian semangat mengembangkan sayap bisnisnya. Selain mendapatkan restu dan dukungan suami, ia juga disuport Ketua Bhayangkari Polres Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah diberi kepercayaan melakukan perawatan wajah dan mendapat dukungan suami dan Ketua Bhayangkari Cabang Tanahbumbu. Saya sangat bersyukur,” pungkasnya.

Terkait jumlah pelanggan, Melinda lupa totalnya. Namun sebutkannya nyaris semua kalangan. Dari masyarakat umum, pejabat dan juga pengusaha. Banyak istri pejabat, istri-istri Forkopimda, hingga istri pengusaha ternama di Tanbu. Biasanya melakukan perawatan wajah di Jakarta, ternyata kini juga tertarik dengan perawatan yang Melinda berikan.

Bukan hanya itu, mantan Bupati Tanbu Mardani H Maming hingga menjadi Ketua Umum BPP HIMPI sampai saat ini masih menjadi langgan tetap baginya.

“Kalau pa Mardani itu, sejak beliau menjabat bupati periode kedua sampai sekarang, masih sering perawatan sama saya. Kalau beliau pas ada di Tanbu, pasti memanggil untuk perawatan wajah beliau,” diakhir cerita Melinda.

Penulis Alhakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *