Periksa 900 Ekor Hewan Qurban, Tim Gabungan Belum Temukan PMK di Tanbu

Tanah Bumbu, lenterabanua.comPeriksa 900 Ekor Hewan Qurban, Tim Gabungan Belum Temukan PMK di Tanbu

JELANG Hari Raya Idul Adha 1434 H, Tim Gabungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, bersama tim gabungan dari Polres dan Kodim serta tim kesehatan periksa hewan kurban di Batulicin, Rabu (6/7/2022).

Bacaan Lainnya

Pemeriksaan dilakukan disejumlah titik itu, guna memastikan hewan kurban siap untuk disembelih saat lebaran. Lapak pedagang hewan qurban yang disasar diantaranya di Jalan Raya Batulicin, Kelurahan Batulicin.

“Pemeriksan masih berjalan. Namun sudah memeriksa 900 ekor sapi, semuanya dinyatakan bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) serta penyakit lainnya,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Berkat.

Menurutnya, masih ada ratusan sapi lagi yang akan disasar pemeriksaan. Karena dari laporan yang diterima ada sekitar 1.300 ekor hewan qurban masuk ke Tanah Bumbu dari luar daerah. Belum termasuk peliharaan warga lokal.

“Pemeriksana kesehatan sebenarnya sudah dilakukan sebelum berangkat dan kedatangan. Namun kami dari tim kembali pastikan hewan kurban yang diperdagangkan tidak ada gangguan kesehatan,” lanjutnya.

Ditambahkan Berkat, pihaknya akan terus melakukan monitoring di sejumlah tempat untuk memastikan hewan kurban ini benar-benar bebas dari PMK dan penyakit lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *