Pemkab Tanah Bumbu Bakal Lelang Aset Rusak Berat

  • Aset-aset Pemkab Tanah Bumbu berupa kendaraan bermotor yang bakal dilelang.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bakal menghapus ratusan aset bergerak seperti sepeda motor, mobil dan truk yang kondisinya sudah rusak berat.

Rencananya dengan metode lelang terbuka secara online dalam sepekan kedepan. Lelang akan dilakukan langsung kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) di Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

  • Ratusan sepeda motor yang rusak berat ini akan segera dilelang.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dari pantauan Kamis (14/10/2921), puluhan mobil dinas, mobil operasional, dan ambulan serta truk angkutan milik Pemkab Tanah Bumbu teronggok di halaman samping Kantor Bupati kawasan Perkantoran Gunung Tinggi, Batulicin.

Kondisinya rusak berat dan sudah tak layak pakai. Demikian pula ratusan sepeda motor dan kendaraan roda tiga tampak lumpuh berserakan dilingkungan kantor tersebut. Sehingga kondisi ini cukup mengganggu pemandangan yang terkesan kumuh.

Menyikapi persoalan ini, Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Tanah Bumbu, Irwan mengatakan, rencananya pihaknya akan melakukan penghapusan aset-aset tersebut.

“Dilelang semua aset bergerak yang ada di halaman samping kantor bupati. Biar kelihatan bersih dan tidak menjadi beban daerah lagi,” ungkapnya, Kamis (14/10/2021) di kantornya.

  • Mobil dinas Pemkab Tanah Bumbu yang sebelumnya digunakan SKPD ini juga bakal dilelang.

Disebutkan Irwan, penghapusan aset kali ini dengan cara lelang terbuka secara online. Total aset yang akan dilelang berjumlah 200 lebih untuk sepeda motor dan 25 unit mobil.

“Khusus untuk mobil ambulan dilelang scrabnya tanpa surat-surat. Karena sebelumnya sudah pernah dilelang tapi gak ada peminatnya,” bebernya.

Dikatakannya, begitu juga puluhan sepeda motor merk Thunder, pernah 2 kali dilelang tahun lalu. Sama juga tak ada yang menawar.

“Padahal harganya ditawarkan cuma Rp 800 ribu. Alasannya mereka engkolnya keras,” terangnya.

  • Jejeran mobil ambulan terparkir lama di halaman samping Kantor Bupati siap juga dilelang.

Ditambahkannya, saat ini proses yang berjalan penilaian harga aset dari tim internal. Setelah selesai, rencananya pekan depan diserahkan dokumen lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Banjarmasin.

“Mereka dari KPKNL yang melaksanakannya, dari pengumuman jadwal lelang hingga prosesnya. Waktunya hanya sehari dan beberapa jam saja,” ucapnya.

Ia mengaku, jika nanti aset-aset ini tak ada peminat, kemungkinan penghapusan dilakukan dengan metode lain.

“Diantaranya hibah ke pihak ketiga. Misalnya sekolah menengah kejuruan sebagai alat praktek siswa,” pungkasnya.

  • Sepeda motor Thunder ini sebelumnya pernah 2 kali dilelang, tapi tak ada peminatnya. 

Diketahui sebelumnya hibah aset bergerak berupa sepeda motor pernah dilakukan kepada sejumlah SMK yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Termasuk tahun ini sudah ada pengajuan dari sekolah memohon hibah kendaraan roda dua untuk praktek. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *