Pemkab Bantu Korban Puting Beliung di Desa Bakarangan

Batulicin, lenterabanua.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak musibah angin puting beliung di desa Bekarangan, kecamatan Kusan Hulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan bantuan.

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, Sabtu (13/3/2021) mengatakan bantuan yang diserahkan berupa bahan kebutuhan pokok.

Bacaan Lainnya

“Yakni beras 10 kg, mie instan 2 dus, minyak goreng 2 liter, ikan kaleng 10 kaleng, teh 2 kotak, kopi 2 bungkus, susu 2 kaleng, gula 2 kg, kecap 2 botol, dan sambal 2 botol,” ucapnya.

Eryanto menambahkan berdasarkan prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG, cuaca ekstrim bisa terjadi dibeberapa wilayah di Kalsel termasuk kabupaten Tanah Bumbu, sepanjang Maret.

Eryanto menghimbau masyarakat harus waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

“Jum’at, 12 Maret 2021 telah terjadi angin puting beliung di desa Serdangan, kecamatan Kusan Tengah dan desa Bekarangan, Kusan Hulu,” terangnya.

Atas dasar itu, lanjutnya, pemerintah daerah menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu bisa terjadi di tempat tinggalnya.

“Terutama daerah yang rawan bencana angin puting beliung akibat curah hujan yang lebat disertai angin kencang,” jelasnya.

Kemudian, tambahnya, apabila terjadi bencana angin puting beliung segera keluar rumah dan mencari tempat yang lebih aman sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

“Disamping itu segera melapor kepada aparatur desa dan kecamatan setempat,” pintanya.

Terkait bantuan bagi terdampak angin puting beliung, Eryanto Rais mengatakan untuk desa Bekarangan sudah disalurkan bantuan bahan pokok. Sedangkan Desa Serdangan masih dalam proses pendataan untuk menerima bantuan serupa.

“Hari ini, Tim BPBD masih mendata jumlah warga yang terdampak bencana angin puting beliung di desa Serdangan,” pungkasnya.

Penulis Alhakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *