‘Pasukan Orange’ Tanah Bumbu Divaksin Sinovac Dosis Pertama

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Seratus tenaga kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan layanan vaksin jenis sinovac di Kantor UPT Persampahan DLH yang berlokasi di Kecamatan Batulicin, Rabu (1/9/2021).

Salah satu ‘Pasukan Orange’ yang mendapatkan pelayanan vaksinasi, yakni Mursid. Tenaga kebersihan UPT Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu ini mengaku baru pertama kali divaksin.

Bacaan Lainnya

“Iya, ini vaksin pertama saya. Sebelumnya belum pernah karena tak sempat,” ungkap warga Kecamatan Simpang Empat ini.

Ia mengaku menjalani vaksinasi karena melaksanakan kewajiban sebagai warga negara mendukung program serbuan vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Petugas Kebersihan UPT Persampahan DLH Tanah Bumbu, Mursid memperlihatkan sertifikat vaksin usai disuntik.

Walaupun secara keyakinan, Mursid tidak takut dengan virus corona, karena merasa sehat. “Tidak takut Covid-19 karena sehat,” tegasnya.

Tapi ia tetap menerima disuntik, dengan konsekuensi bakal menghadapi efek DARI vaksin. “Belum ada efeknya. Tapi siap jika nanti ada pengaruhnya,” ucapnya usai disuntik.

Mursid bersama rekan-rekannya yang juga mendapatkan layanan vaksinasi berharap Covid-19 di Bumi Bersujud segera berakhir. Agar tak membuat cemas dan tidak mengganggu aktivitas semua masyarakat.

Sementara Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Halidie menyebutkan petugas kebersihan yang ikut vaksin sebanyak 100 orang., dari total 300 ‘Pasukan Orange’.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Halidie saat memantau kegiatan vaksinasi.

“Mereka berasal dari petugas Kecamatan Simpang Empat dan Batulicin,” katanya.

Sedangkan untuk petugas kebersihan di Kecamatan Kusan Hilir dan Satui juga akan mendapatkan layanan serupa. Pihaknya melaksanakan secara bertahap.

Dijelaskan Halidie, vaksinasi ini untuk melindungi mereka dari serangan virus corona. Pasalnya profesi mereka sangat rentan.

Hal senada disampaikan Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Fatherlina. Ia menyebutkan profesi dan posisi petugas kebersihan sangat rentan terinfeksi Covid-19, karena bersentuhan langsung dengan sampah.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Fatherlina (tengah).

“Sehingga mereka harus diberikan benteng berupa kekebalan imun tubuh agar bisa melawan dan mencegah tertular dari virus corona,” tandasnya.

Diharapkan upaya ini juga bisa mengakhiri status PPKM level 4 dan pandemi covid-19 di Bumi Bersujud berlalu.

Ditambahkannya, dalam vaksinasi di UPT Persampahan DLH ini pihaknya menyiapkan 160 dosis vaksin sinovac. 100 diperuntukkan bagi petugas kebersihan. Sementara sisanya disiapkan untuk masyarakat umum bagi tahap dua.

Untuk pelayanan penyuntikan, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu menerjunkan 7 orang petugas vaksinator dari Puskesmas Pulau Tanjung, Kecamatan Kusan Tengah. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *