Olah Ikan Jadi Silase, Diskan Tanah Bumbu Gelar Pelatihan Perdana

  • Warga Desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir, antusias mengikuti pelatihan pengolahan Silase, yang di inisiasi Diskan Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dinas Perikanan Tanah Bumbu menginisiasi pelatihan pengolahan ikan menjadi silase bagi warga Desa Gusunge, Kecamatan Kusan Hilir.

Kegiatan pelatihan pengolahan ikan menjadi silase yang lazim digunakan untuk pupuk dan pakan ikan ini pertama kalinya digelar di Bumi Bersujud, 30-31 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Mereka diajarkan proses mengolah silase yang bahan-bahannya dari ikan, nanas setengah matang, molase atau bisa diganti dengan gula.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, kegiatan pelatihan itu merupakan kegiatan perdana yang digelar di Bumi Bersujud.

Peserta adalah nelayan beserta istri serta penyuluh perikanan. Sehingga, mereka bisa memanfaatkan hasil tangkapnya untuk dimanfaatkan.

“Silase ikan merupakan ikan atau limbah ikan yang dipermentasi menjadi pasta ikan atau tepung,” kata Yulian, Senin (1/11/2021).

Silase ikan ini, bisa sebagai pengganti tepung ikan. Selain itu, silase dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, ternak, binatang peliharaan seperti kucing serta pupuk tanaman.

Pelatihan ini menghadirkan Ir Jamal Basmal, MSc, Peneliti Utama dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan di Jakarta, sebagai narasumber dan mentor.

“Potensi ikan di Tanah Bumbu ini sangat tinggi, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan ikan-ikan yang ada dengan menghasilkan beberapa produk,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *