Minat Baca Menurun, Dispersip Tanbu Luncurkan Pojok Baca Digital

  • Bagikan

Batulicin, lenterabanua.com – Setelah diresmikan Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor, peluncuran Pojok Baca Digital (Pocadi) mulai menggeliat, Senin (8/2/2021). Suasana di gedung megah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) itu mulai ramai.

Menurut Kepala Dispersip Kabupaten Tanbu, DR H Ambo Sakka, Pocadi ini diluncurkan bertujuan mendongkrak angka minat baca masyarakat di Bumi Bersujud. Sehingga keberadaannya harus benar-benar menarik dan tidak hanya sebagai sarana baca. Tapi menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siapapun yang berkunjung ketempat ini.

“Sebagaimana yang diinginkan bupati, tempat ini juga sebagai tempat rekreasi yang memberi pengetahuan, sehingga daya tarik sendiri bagi anak-anak atau orang dewasa punya kesan tersendiri dan tidak membosankan,”tandasnya.

Menurut Penjabat Sekda Tanah Bumbu ini, perpustakaan diera sekarang ini, paradigmanya harus berubah. Tentunya sebagai gudang buku harus dikolaborasi sebagai tempat rekreasi sehingga menarik terutama bagi anak-anak.

“Strategi lainnya untuk meningkatkan minat baca itu selalu di adakan even, misalnya lomba bercerita, mengarang dan bedah buku. Meskipun tidak dihimbau, mereka tetap datang ke Perpustakaan ini,” jelasnya.

Ambo Sakka mengaku, kunjungan baca di perpustakaan selama pandemi ini, mengalami penurunan. Namun jumlahnya tidak begitu signifikan.

“Pembatasan akibat protokol kesehatan tetap mempengaruhi, namun pada prinsipnya, kami tetap melakukan aturan itu dalam rangka menghindari klaster baru Covid 19 dikalangan pengunjung perpustakaan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mengantisipasi penyebarannya, Dispersip sendiri sudah memiliki sistem pelayanan digital. Manfaatnya mau pinjam buku bisa dilakukan dirumah dengan melalui HP.

Kemudahannya cukup pinjam dan langsung pulang, begitu juga mau mendaftar, boleh formulirnya diisi dirumah.

“Jadi ketika datang kesini tinggal ambil kartunya sehingga tidak terlalu lama menunggu dan bisa langsung pulang. Bahkan sistem yang digunakan bisa memperpanjang pinjaman buku pun tak masalah,” tandasnya.

Penulis Alhakim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *