Masyarakat Kebanjiran, Sekda Tanbu Ingatkan Kehadiran Pemerintah

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka mengingatkan kembali pesan Bupati dr Zairullah Azhar agar pemerintah selalu hadir membantu warga disaat kesusahan.

Menurut Ambo Sakka, pemerintah itu jenjangnya semua aparatur hingga ke tingkat desa. Ia menyampaikan hal itu didepan sejumlah Kepala SKPD Pemkab Tanah Bumbu saat meninjau lokasi banjir di Desa Lasung, Kecamatan Kusan Hulu, Minggu (5/9/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam banjir di lokasi itu, tak hanya merendam permukiman warga yang berada dibantaran Sungai Kusan, tapi juga merusak fasilitas umum seperti jalan dan siring penahan air.

Akibatnya jalan desa yang menghubungkan Lasung dan Sariung juga terputus. Dampaknya aktivitas warga terganggu dimana roda dua dan roda empat tidak bisa melintas.

“Pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat yang terkena musibah banjir seperti ini. Pemerintah harus menjadi garda terdepan,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka saat meninjau banjir di Desa Lasung, Kusan Hulu.

Aparat pemerintah, lanjut Ambo, harus tahu jika wilayahnya banjir, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Terkait solusi mengatasi rumah warga yang terendam, ada dua solusi yaitu direlokasi atau rumah warga ditinggikan,” bebernya.

Sedangkan terkait jalan putus, ungkapnya, langsung diperbaiki. Yakni dengan mendatangkan alat berat, batu gunung untuk perbaikan Siring penahan air. Juga kayu sebagai bahan jembatan darurat.

“Kita respon secepatnya diperbaiki. Jangan sampai warga terisolasi dan tidak bisa beraktivitas karena terputusnya jalan akses antar desa,” tegasnya.

Dalam peninjauan itu turut hadir Plt Kepala Dinas PUPR, Kalak BPBD, Kadinsos, Kadis Kominfo, Camat Kusan Hulu, dan Kepala Desa Lasung. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *