Kerja Keras Camat Satui Tekan Angka Penyebaran Covid-19

Tanah Bumbu, lemterabanua.com – Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan menunjukkan peningkatan kasus. Kondisi ini membuat Camat Satui Abdul Rahim S.ST prihatin.

Abdul Rahim harus kerja keras menekan jumlah kasus Covid-19 di wilayahnya, dengan berbagai upaya. Diantaranya dengan melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh kepala desa yang ada di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami selalu mencermati perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Satui dan selalu memonitor kepala desa dalam penanganan Covid-19,” kata Abdul Rahim, Minggu (11/7/2021).

Menurutnya, dalam penangan kasus Covid-19 ada beberapa hal yang disampaikan ke desa. Seperti mengaktifkan semua posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di desa.

‘Kita selalu melaksanakan koordinasi ke16 desa yang ada dïwilayah Satui dan semua posko PPKM diaktifkan guna menekan penyebaran virus yang membahayakan itu,” ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pihak kecamatan juga bersama lintas sektor kecamatan, koramil, polsek dan petugas kesehatan melakukan pengawasan ke desa-desa dengan melibatkan kepala desa dan ketua RT.

Apabila ada yang terpapar maupun reaktif langsung dilakukan karangtina untuk menghindari kontak dengan orang lain.

“Intinya kita perketat pengawasan dikota maupun di desa, operasi yustisi juga kita laksanakan untuk penegakan Protokol Kesehatan (Prokes), melaksanakan swab ke pasar maupun tempat-tempat keramaian juga setiap ambulan desa disiapkan oksigen,” tandasnya.

Abdul Rahim menambahkan pihaknya tidak hanya melakukan pengawasan di jalur darat akan tetapi dijalur laut menjadi titik fokus pengawasan karena dijalur ini seringkali menjadi akses keluar masuk warga terutama ABK tugboat.

“Jika ada ABK atau karyawan dari prusahaan dari luar daerah diminta untuk karangtina dulu agar tidak ada klaster perusahaan,” bebernya.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Abdul Rahim berharap kepada semua masyarakat khususnya wilayah Satui untuk bersama-sama mematuhi prokes.

“Memakai masker saat melakukan aktifitas diluar rumah, cuci tangan dan hindari kerumunan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Perawatan Satui Ridwan mengatakan, pihaknya gēncar melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait prokes dan menghimbau kepada kepala desa agar dapat bekerjasama dalam menangani Covid-19.

“Kita mengajak desa maupun RT untuk bekerjasama memantau warganya dalam hal ini petugas PPKM, jika ada warga yang bergejala segera kita periksa,” kata Ridwan.

Di puskesmas, tambahnya, sebagai pertolongan pertama intens melakukan pengecekan bila itu mengarah ke Covid segera di arahkan ke rumah sakit.

“Alhamdulillah pemerintah Kecamatan satui bersama lintas sektor kecamatan bahu membahu berupaya untuk penangan dan pencegahan Covid-19, diharapkan agar virus ini segera berlalu,” tukasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *