HPSN 2022, Pemkab Tanah Bumbu Gotong Royong Kumpulkan Sampah

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu menggelar aksi gotong royong di lapangan SDN 1 Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat, Senin (22/2/2022).

Kegiatan itu bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Selain itu juga dirangkai dengan mengumpulkan sampah yang ada, pemilahan sampah, pembelian sampah yang dikumpulkan, praktik pengolahan kompos dari sampah organik dan pembuatan lubang biopori.

Bacaan Lainnya

“Selain itu juga pemberian penghargaan bagi petugas kebersihan,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor.

Menurutnya, HPSN ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama agar pengelolaan sampah menjadi semakin baik. Hal itu sebagaimana tema HPSN 2022 yaitu ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim.”

“Permasalahan sampah membutuhkan perjuangan panjang dalam pengelolaannya. Berbagai strategi dan kebijakan dikeluarkan dalam pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Terutama, sambungnya, sampah rumah tangga dan sejenisnya agar pengeloalaan itu dapat terintegrasi, terpadu dari hulu hingga ke hilir, dan juga memiliki nilai guna maupun nilai jual, sehingga memberikan manfaat dan aman bagi lingkungan.

“Titik akhir perjuangan ini adalah kesadaran masyarakat. Sekuat apapun pemerintah melayani, tanpa kesadaran yang ada di masyarakat, maka kita akan selalu kelabakan mengelola persampahan,” jelasnya.

Selain itu, Mahriyadi juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh pihak baik itu perorangan, institusi, lembaga hingga perusahaan yang telah membayar retribusi sampah dengan rutin.

“Sehingga DLH Tanbu mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan maksimal dalam pengelolaan persampahan,” pungkasnya.

Turut hadir perwakilan beberapa perusahaan, Camat Batulicin, Kepala Desa Sungai Dua, PKK Desa Sungai Dua dan masyarakat lainnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *