Harga Bahan Pangan Pokok di Tanah Bumbu ‘Bergolak’

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Sejumlah harga bahan pangan pokok di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Tanah Bumbu dipantau Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (7/10/2021).

“Stock dan harga dari bahan kebutuhan pokok vital yang beredar seperti gula, tepung, beras, minyak goreng, telur dan lainnya di pasar maupun di gudang para distributor di Tanbu dalam kondisi terkendali,” kata Kadagri Tanah Bumbu, H Deny Haryanto.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, lanjutnya, ada beberapa komoditi kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga seperti cabe merah keriting sebesar Rp.10.000,-/ kg. Sebelumnya seharga Rp.30.000,- /kg menjadi Rp 40.000,-/kg.

Kemudian cabe rawit jenis taji naik sebesar Rp.5.000,-/kg dari harga /kg menjadi Rp.35.000,-/ kg. Kenaikan harga tersebut terjadi dipengaruhi minimnya stok, karena belum masuknya pasokan dari luar daerah.

Sedangkan barang kebutuhan pokok yg mengalami penurunan harga seperti cabe rawit merah dari harga Rp.60.000,-/ kg menjadi Rp.40.000,-/kg, turun sebesar Rp 20.000,-/kg.

“Penurunan harga cabe rawit merah karena stok banyak dari pasokan luar daerah maupun dari para petani lokal,” ungkapnya.

Daging ayam ras turun sebesar Rp. 10.000,-/kg dari harga Rp.55.000,-/kg menjadi Rp.45.000,-/kg. Terjadinya penurunan harga karena banyak pasokan yang masuk.

“Semoga kondisi stok dan harga tetap stabil, walaupun sudah memasuki bulan maulid sebagai salah satu Hari Besar Keagamaan Nasional,” pungkas H Deny. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *