Gubernur Sahbirin Buka Karya Bakti TNI di Kiram

Banjar, lenterabanua.com – Komando Distrik Militer (Korem) 101/Antasari bekerja sama dengan Pemprov Kalimantan Selatan, melaksanakan Karya Bakti TNI di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Kegiatan dibuka Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Kamis (11/11/2021).

Karya Bakti TNI bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

Bacaan Lainnya

“Terimakasih kepada Tentara Nasional Indonesia dengan kegiatan Karya Bakti ini. Saat ini percepatan pembangunan dibangun melalui pinggiran, untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” ucap Gubernur.

Dikatakannya, hingga saat ini masih banyak desa yang terisolir. Karena itu pembuatan dan pengembangan infrastruktur yang menghubungkan desa sangat diperlukan.

“Dengan terhubungnya akses antar desa, diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata dan ekonomi masyarakat, kegiatan ini juga untuk jalur pendekat bagi daerah terisolir,” tukasnya.

Sementara Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan, tujuan diadakannya Karya Bakti TNI Tahun 2021 di Kabupaten Banjar, adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar.

“Serta mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam rangka akselerasi pembangunan di daerah,” ungkap Danrem

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini juga untuk menghubungkan jalan antara kabupaten Banjar dengan Kabupaten Tanah Laut, untuk jalan di Kabupaten Tanah Laut sudah dibuka hingga sampai diperbatasan kabupaten.

“Yakni melalui pelaksanaan TMMD ke-111 yang dilaksanakan oleh Kodim 1009/Tanah Laut, saat ini kita buka jalan dari Kiram tembus ke Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut melalui Karya Bakti TNl,” pungkasnya.

Sasaran kegiatan Karya Bakti TNI yang akan berlangsung hingga 17 Desember 2021 itu, yaitu penyiapan badan jalan sepanjang 8 m x 12.400 m dan pengerasan jalan sepanjang 5 m x 3.556 m.

Kemudian menghubungkan antara Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar dengan Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan fisik ini diprioritaskan untuk membantu membuka daerah terpencil, dengan membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil bumi dan produk-produk yang ada di desa, guna mendukung pertumbuhan roda perekonomian masyarakat pedesaan. *ril|penrem

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *