Disdukcapil Akan Sasar Layanan ke Desa

  • Bagikan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Kerap menimbulkan kerumunan dan kesan pelayanan tersentralistik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu, wacanakan pelayanan prima.

Ini menjadi kabar gembira, karena tidak lama lagi pelayanan Disdukcapil bisa diakses di tingkat desa. Pemkab Tanah Bumbu sedang mempersiapkan sarananya.

“Kita perlu server yang besar. Supaya tidak ada masalah nanti kalau banyak penggunananya,” kata Kadisdukcapil Eka Syafruddin, Rabu (3/3/2021) di kantornya.

Menurut Eka, tujuan penyebaran layanan itu, agar masyarakat tidak lagi jauh ke pusat kota hanya untuk mengurus berkas data kependudukan.

“Juga sekarang kan pandemi. Jadi harapannya, di sini tidak ada lagi warga ramai,” bebernya.

Kemudian, lanjutnya, beberapa waktu lalu layanan mereka sempat ditutup. Karena ada pegawai yang terpapar corona. Untuk itu dia mengupayakan, kemudahan layanan agar tidak terjadi penumpukan orang di sana.

Sementara menyikapi wacana ini, sejumlah warga menyambut baik rencana itu. Mereka mengapresiasi langkah pemkab dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat.

“Harusnya seperti itu. Soalnya selama ini jika harus ke ibukota kabupaten kami cukup jauh menempuh perjalanan. Menurut saya, untuk urusan berkas idealnya dari desa saja,” kata warga kecamatan Kusan Hulu, Wulandari.

Terpantau, layanan Disdukcapil Tanah Bumbu berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tak hanyab jarak kursi diatur, tapi proses masuk ke dalam ruang layanan juga harus menjalani pengecekan suhu tubuh. Bahkan wajib melewati bilik disinfektan.

Penulis Mustika Dwi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *