Bupati Tanbu Salat Tarawih, Emak-emak Karang Indah Sibuk Goreng Pisang

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Selalu ada banyak cerita dalam setiap rangkaian safari ramadan Bupati Tanah Bumbu, dr Zairullah Azhar. Tak terkecuali momen kunjungannya ke desa-desa selama bulan puasa tahun ini.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Karang Indah, Kecamatan Angsana Kamis (21/4/2022) malam kemarin. Ada pemandangan berbeda saat dr Zairullah bersama jajarannya dilingkup Pemkab Tanah Bumbu safar ramadan di desa tersebut.

Bacaan Lainnya

Saat bupati bersama jamaah lainnya khusu menunaikan salat tarawih bersama di Masjid At Taqwa desa setempat, disudut lain ada suasana menarik dan cukup jarang terjadi.

Yakni sejumlah emak-emak sibuk dengan aktivitasnya, dengan latar belakang jamaah salat tarawih berjamaah. Ada yang nyalakan api dapur masak secara manual dengan bahan kayu bakar. Disudut lain masih dilingkungan masjid itu, ada pula berduet mengupas pisang.

Sedang ibu-ibu muda lainnya memotong pisang menjadi 2 bagian. Pisang itu lantas diceburkan kedalam rinjing (wajan) penuh cairan yang sekarang sedang langka, minyak goreng.

Tak ayal belasan belahan pisang itu berenang dan mengampung dipermukaan minyak goreng yang sudah mendidih. Agar matang merata, pisang-pisang itu diaduk oleh emak lainnya yang memang bertugas menggoreng pisang itu.

Emak-emak menyebutnya ‘pisang telanjang’ yang sudah tak begitu asing bagi masyarakat kebanyakan. “Kita bikin pisang telanjang,” tandas Erli, salah satu ibu runah tangga yang sudah lama bermukim di desa itu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *