Bioflok Dinas Perikanan Tanah Bumbu Ditebari Ribuan Bibit Nila

  • Sekdakab Tanah Bumbu bersama Ketua TP PKK, Ketua DWP dan Plt Kadistan tebar bibit ikan nila.

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Ribuan bibit ikan nila, ditebar ke kolam percontohan bioflok Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Jalan Dharma Praja, Gunung Tinggi, Batulicin, Selasa (12/10/2021).

Penebaran bibit ikan dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu DR Ambo Sakka.

Bacaan Lainnya

Turut bersama Ketua TP PKK Hj Wahyu Windarti Zairullah dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj Hasnah Mashude Ambo Sakka. Penebaran bibit ikan disaksikan Plt Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu Yulian Herawati.

Menurut Yulian Herawati, kegiatan penebaran bibit ikan di kolam bioflok ini merupakan upaya pemanfaatan lahan ‘Nganggur’ dilingkungan Dinas Perikanan Tanah Bumbu.

“Ada lahan kosong di belakang kantor, jadi kita manfaatkan saja untuk kolam ikan dengan sistem bioflok,” ujarnya, seraya menyebutkan kolam percontohan bioflok ini, bantuan dari PT Tunas Inti Abadi (TIA).

Sekda Ambo Sakka, mengapresiasi kolam percontohan bioflok yang dikelola Dinas Perikanan Tanah Bumbu ini.

“Saya harap, budidaya ikan dengan sistem bioflok ini dapat menjadi percontohan dan di sosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Kabid Fasilitasi Perizinan dan Tempat Perizinan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan Diskan Tanah Bumbu, Abdul Gafur mengatakan ada sebanyak 3 unit kolam ikan bioflok bantuan PT TIA. Sedangkan bibitnya dari SKPD-nya sendiri.

“Dari 3 kolam, hari ini cuma dua kolam bioflok yang disebar bibit ikan nila. Satu kolamnya 800 bibit,” kata Gafur, seraya menyebutkan keunggulan budidaya ikan sistem bioflok, diantaranya hemat pakan, air, dan tenaga. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *