Aspirasi Nelayan Kalsel Disalurkan ke Kementerian

Jakarta, lenterabanua.com – Banyak aspirasi yang diserap saat kegiatan reses wakil rakyat, tak terkecuali wakil ketua DPRD Kalsel, M. Syaripuddin, SE, MAP. Satu diantaranya, keluhan dan permasalahan yang mendera para nelayan di Banua.

Untuk mencarikan solusi atas semua persoalan yang disampaikan saat reses itu, legislator yang akrab disapa Bang Dhin, bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, menyalurkan aspirasi para nelayan. Aspirasi disampaikan langsung kepada pemerintah pusat, melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, selasa (2/3/2021).

Bacaan Lainnya

“Kesulitan-kesulitan yang kerap kali dihadapi para nelayan, diantaranya alur penerbitan perizinan kapal yang dianggap nelayan sangat sulit,” ujar Bang Dhin, usai pertemuan di Gedung Mina Bahari II Kementrian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta.

Ia menyebutkan, alasan nelayan karena jarak yang sangat jauh jika perizinan hanya bisa dilakukan di ibukota provinsi. Sehingga usulan nelayan agar perizinan itu bisa dimudahkan dengan cukup di kabupaten saja.

“Sehingga tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke provinsi,” jelasnya.

Selain itu, aspirasi laun yang disampaikan ke Kementerian, diantaranya terkait dana hibah yang diberikan pemerintah pusat ke nelayan harus dengan akta notaris.

“Syarat ini yang mereka nilai merepotkan nelayan-nelayan kecil,” pungkasnya.

Menyikapi keluhan ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Ir. Yuliadi, MM mengatakan, untuk masalah penerbitan perizinan nelayan harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan kementrian, guna memudahkan pengawasan.

“Sementara untuk permasalahan dana hibah dari pemerintah pusat, untuk kapal-kapal dengan kapasitas dibawah 5 grosston tidak memerlukan akta notaris,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu Bang Dhin menambahkan, pihaknya mengapresiasi Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang memberikan bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada Kalsel.

“Juga beberapa bantuan lainnya di tahun 2021 ini, kedepan kita berharap terkait bantuan kapal dan bantuan lainya, kita lebih sinergi lagi sehingga bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi masayakat Kalsel,” paparnya.

Penulis Alhakim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *