Penulis : Redaksi

Tanah Bumbu -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, siap jaga kebersihan Pesta Pantai di Pagatan atau Pesta Adat Mappanre Ri Tasi’e, Kamis (18/4/2024).

Hal itu disampaikan Kepala DLH Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo, melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3), Indah Maya Suryanti, mengatakan pihaknya akan menerjunkan puluhan petugas kebersihan.

Dengan rincian, 50 orang petugas kebersihan, delapan orang petugas Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari area Kusan hilir dan Simpang Empat.

Selain itu pihaknya juga menyiagakan empat unit armada pengangkut sampah, kemudian bak sampah 660 liter sebanyak 25 buah, bak sampah 75 liter 50 buah dan kontainer 6 M3 satu buah.

Terkait sistem pengelolaan sampahnya nanti seperti apa, Indah menerangkan pengelolaan sampah rutin selama pra, pesta pantai, dan pasca dilakukan pembersihan pagi dan sore.

Kemudian sampah yang terkumpul akan dipilah, nantinya yang mana bernilai ekonomis diarahkan ke bank sampah induk, dan yang residu masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sei dua.

“Di prediksi berapa volume sampah per hari sekitar 18 kubik sehari,” ungkap Indah.

Indah akan melakukan himbau secara i door to door ke pedagang yang akan dilakukan di pembukaan nantinya, untuk melakukan pemilahan dan pembuangan sampah dengan tertib di tempat yang sudah disediakan.

Kemudian ada juga pemasangan spanduk imbauan untuk tertib buang sampah bagi pengunjung dan pedagang, koordinasi dengan EO untuk mengumumkan setiap hari imbauan tertib kelola sampah di area panggung utama.

Selain itu koordinasi dengan pokdarwis berkaitan dengan pengelolaan sampah di area pantai, dan yang lainnya menyesuaikan kondisi di lapangan. [rie]

Advertisements