Zairullah-Rusli Batal Dilantik 17 Februari 2021

  • Bagikan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Pupus sudah harapan bupati dan wakil Tanah Bumbu terpilih, Zairullah Azhar-Muhammad Rusli untuk dilantik sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Rabu, 17 Februari 2021. Pasalnya, dari kabar yang beredar, pelaksanaan pelantikan ditunda hingga beberapa hari kedepan.

Kabar penundaan inipun tak ditampik Penjabat Sekretaris Daerah kabupaten Tanah Bumbu, H.Ambo Sakka saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021) sore di kantor Bupati Tanah Bumbu di kawasan Gunung Tinggi, Batulicin. Ia mengakui, jika pelaksanaan pelantikan yang sedianya digelar 17 Februari 2021  dibatalkan.

“Iya benar, dari kabar yang saya terima pelantikan hari Rabu (17/2/2021) ditunda. Tapi nantinya hampir dipastikan pelaksanaan diselenggarakan di Banjarmasin,” ucapnya kepada awak media.

Berhubung 17 Februari 2021 masa jabatan bupati dan wakil bupati Sudian Noor – Ready Kambo berakhir, maka akan terjadi kekosongan kepemimpinan di Bumi Bersujud. Sesuai surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), disebutkan Sekretaris Daerah otomatis yang akan menjadi pelaksana harian bupati.

“Sesuai dengan surat itu, memang Sekda yang akan mengisinya sebagai Plh Bupati,” imbuhnya.

Saat ditanya kesiapannya mengemban amanah kepala daerah, meski hanya untuk beberapa hari kedepan, Ambo Sakka menjawab tegas, siap menjalankan tugas tersebut.

Namun, jelasnya, kewenangannya sangat terbatas. Tugas utamanya mengantarkan bupati dan wakil bupati terpilih ke panggung pelantikan. Selain itu mempersiapkan semua administrasi dan teknis pelaksanaan pelantikan.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan Setda kabupaten Tanah Bumbu, Kaderi Mandar, Senin (15/2/2021) menyebutkan persiapan teknis pelaksanaan pelantikan sudah 100 persen siap, jika digelar di Tanah Bumbu. Pihaknya sudah menyiapkan tempat dan segala properti yang dibutuhkan.

“Kami menyiapkan ruang Digital Live Room kantor bupati jika digelar secara virtual. Tamu yang hadir akan dibatasi, karena kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskannya, bagi masyarakat maupun pejabat dilingkungan pemkab Tanah Bumbu yang tidak bisa menyaksikan langsung prosesi pelantikan, akan disediakan layar besar melalui tayangan siaran langsung yang ditempatkan dilokasi-lokasi strategis.

“Setiap kantor kecamatan nantinya akan disiapkan layar lebar untuk menonton live pelantikan. Masyarakat bisa menyaksikannya melalui media ini,” pungkasnya.

Sementara itu beredar kabar jika pelantikan akan digelar di Banjarmasin, pada 26 Februari mendatang. Kemungkinan akan dilantik Penjabat Gubernur Kalsel.

Penulis Mustika Dwi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *