Warga Pesisir Mengungsi, Dinsos Tanah Bumbu Bangun Dapur Umum

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Ratusan kepala keluarga di daerah pesisir Kecamatan Satui terpaksa mengungsi mencari tempat aman, akibat bencana banjir akibat gelombang pasang surut air laut.

Mereka terpaksa mengungsi ke Gedung Serbaguna Desa Al Kautsar. Guna melayani kebutuhan pangan mereka Dinas Sosial (Dinsos) setempat mendirikan dapur umum di pengungsian.

Bacaan Lainnya

Kasi Pemberdayaan dan Perlindungan Sosial Dinsos, Rima Anita Susanti mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Tim Tagana Dinsos ada 389 jiwa yang mengungsi.

“Dari data yang ada dari Desa Satui Barat sebanyak 54 jiwa dan dari Desa Setarap sebanyak 335 jiwa, dengan jumlah total sebanyak 389 jiwa,” sebut Rima di kantornya, Rabu (8/12/2021).

Rima menjelaskan, dapur umum yang dibangun oleh Dinsos kapasitasnya mampu melayani hingga 1.500 bungkus makanan untuk satu kali memasak.

Sedangkan bahan makanan didapat dari kabupaten maupun dibeli di pasar setempat.

Lalu untuk durasi pelayanan dapur umum akan menyesuaikan dengan keperluan di lapangan dengan melihat perkembangan beberapa hari kedepannya.

Rima menambahkan, selain dari pemerintah kabupaten, juga terdapat relawan dari unsur lainnya yang ikut membantu seperti dari Forkopimcam Satui, Relawan Peduli Kemanusiaan UNJ Satui, relawan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dan Relawan Pelopor Satui. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *