Satui Kembali Dilanda Banjir Susulan

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Baru bisa bernapas lega, warga kecamatan Satui kembali dihantui rasa was-was. Pasalnya banjir kembali melanda permukiman warga yang ada di bantaran sungai Satui, setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan hulu beberapa hari belakangan. Terpantau hingga Kamis (20/5/2021) sore, ketinggian air sudah lebih dari 1 meter.

Seperti di jalan Biduri RT 12 desa Sungai Danau, kecamatan Satui, kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel. Ribuan rumah warga terendam sekitar satu setengah meter. Namun ketinggian air bisa terus bertambah karena kiriman dari hulu diperkirakan masih memungkinkan menyusul.

Bacaan Lainnya

Menurut seorang warga korban terdampak, Zubaidah, banjir kali ini merupakan bencana kedua kali dalam sepekan terakhir. Sebelumnya ketinggian air mencapai 3 meter, sehingga rumahnya habis tenggelam. Ia bersama keluarga terpaksa mengungsi ke tempat saudara.

“Untuk banjir kali ini, kami belum mengungsi, karena masih bisa didiami dengan menggunakan apar-apar panggung dari kayu. ia mengaku air mulai naik sejak Kamis pagi, dan hingga sore ketinggian terus meningkat,” ucapnya.

Menurutnya, banjir seperti ini sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat setempat. Ia mengaku sudah jengah, menghadapi persoalan yang tak pernah ada ujung pangkalnya.

“Saya bersama warga siap direlokasi jika ada program dari pemerintah. Kami ikhlas meskipun berat hati meninggalkan tempat tinggalnya yang penuh kenangan karena sudah bermukim sejak puluhan tahun silam,” imbuhnya.

Sementara Camat Satui, Abdul Rahim menyebutkan banjir susulan kali ini yang terdampak ada 2 desa, yakni sinar bulan dan Sungai Danau, dengan ketinggian 1,5 m.
Menurutnya air agak lambat menurun karena laut juga pasang hingga hampir 3 meter.

“Upaya pemerintah daerah menangani banjir susulan ini, kami mendirikan posko sebanyak 4 titik dan 12 dapur umum. Kami lebih mengutamakan keselamatan korban dan urusan logistik warga,” pungkasnya.

Dari data pengungsian sementara, di kantor desa Sinar Bulan 52 KK atau 160 jiwa, sedangkan di Gedung Majelis Taklim Sungai Danau 19 KK atau 60 jiwa. Sebagian lagi mengungsi di rumah kerabat masing-masing.

Sebelumnya banjir serupa juga melanda kecamatan Satui, saat lebaran kemarin, Kamis (13/5/2021) lalu, dengan jumlah terdampak lebih banyak.

Yakni 6 desa, Diantaranya Jombang, Satui Barat, Sejahtera Mulia, Sinar Bulan, Satui Timur dan Sungai Danau dengan ketinggian air mencapai 3 meter. Dalam musibah itu nyaris 14 ribu jiwa menjadi korban dan sebagian besar mengungsi ke posko. Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *