Ratusan Satgas Gabungan Diterjun Kawal TMMD di Desa Terpencil

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Ratusan Satgas Gabungan Diterjun Kawal TMMD di Desa Terpencil

RATUSAN Satuan Tugas (Satgas) gabungan dari prajurit Kodim, personil Polres dan pegawai Pemkab Tanah Bumbu, Kalsel diterjunkan melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-144 di Desa Sumber Arum, Kecamatan Satui.

Bacaan Lainnya

Mereka dilepas Wakil Bupati Muhammad Rusli dan Dandim Letkol CPN Rahmat Trianto di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (26/7/2022).

Mereka akan menyasar Desa Sumber Arum, pelosok terpencil yang akses jalannya masih sulit sehingga dipilih sebagai lokasi yang pas. Tujuannya untuk membantu masyarakat setempat agar lebih mudah keluar masuk desa.

“Satgas TMMD akan melaksanakan pembukaan jalan baru ini sepanjang 5 kilometer (KM). Sehingga memudahkan masyarakat setempat dan tidak bergantung pada jalan yang masih sulit dilewati,” ungkap Dandim 1022/Tnb, Letkol CPN Rahmat Trianto.

Dandim mengatakan pembukaan jalan ini dengan tujuan memperlancar jalur transportasi perdagangan dan pendidikan serta angkut hasil kebun masyarakat.

“Desa Sumber Arum ini lokasinya jauh, dan akses jalan warga sulit dan selama ini mereka harus berputar sejauh sekitar 13 KM. Sementara kami buka dulu sepanjang 5 KM sehingga lebih dekat ke desa lain,” katanya.

Program TMMD dilaksanakan dari 26 Juli hingga 24 Agustus 2022 mendatang, dikerjakan dengan sistem swakelola TMMD.

“Juga ada pembuatan 2 titik drainase gorong-gorong dengan struktur beton di atasnya. Selain itu, ada rehab 1 unit mushola dan 2 unit rumah,” terangnya.

Selain kegiatan fisik, lanjutnya, juga dirangkai bakti sosial juga dilaksanakan berupa pelayanan KB, pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah, pelayanan mobile KTP, pelayanan SIM hingga pasar sembako murah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *