Legislator Kalsel ‘Demen’ Kapal Perintis Penunjang Program Tol Laut

  • Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 yang melayani rute Kalimantan-Sulawesi diharapkan menjadi ‘Tol Laut,’

Kotabaru, lenterabanua.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Muhammad Syaripuddin ‘Demen’ dengan kehadiran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111.

Ia berharap kapal perintis ini menjadi penunjang program “Tol Laut” sebagai salah satu kebijakan prioritas pemerintah. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Peluncuran Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 di pelabuhan Stagen Kabupaten Kotabaru, Jumat (22/10/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tol laut dengan menambah jalur atau rute angkutan melalui trayek R-12 yang mencakup Kotabaru Kalsel, wilayah Kaltim dan hingga berlayar ke Mamuju, Sulawesi Barat.

“Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat memberi kelancaran distribusi logistik atau komoditi unggulan setiap daerah hingga ke daerah terpencil sekalipun,” kata legislator yang akrab disapa Bang Dhin ini.

Hadirnya kapal perintis, lanjutnya, juga menjadi bentuk konkrit Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gandeng pemda, karena dari segi kebutuhan lebih mengetahui setiap potensi dan kebutuhan di lapangan.

“Hingga terwujudnya koordinasi lintas sektor yang menghasilkan konfirmasi kebijakan oleh Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Laut,” jelasnya.

Ia mengapresiasi langkah Pemerintah Pusat yang telah menyiapkan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 111 ini.

“Diharapkan dengan adanya kapal dan trayek perintis ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemakmuran masyarakat Kalsel umumnya dan Kotabaru khususnya,’ pungkasnya.

Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 diluncurkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, perwakilan Pemprov Kalsel, Wakil DPRD Kalsel, Bupati Kotabaru serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten setempat serta Pimpinan PT Pelindo Regional Kalimantan. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *