Hari Pahlawan, Ibnu Sina: Pahlawanku Inspirasiku, Spirit Bagi Banjarmasin

Banjarmasin, lemterabanua.com – Peringatan Hari Pahlawan 10 November yang berlangsung di Halaman Balaikota Banjarmasin, dipimpin Walikota H Ibnu Sina, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Forkopimda Kota Banjarmasin dan diikuti oleh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Ibnu Sina memaparkan tujuan kegiatan tersebut untuk mengingat perjuangan para pahlawan serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

“Ya selamat hari pahlawan 10 November 2021 pahlawanku inspirasiku, Ini menjadi spirit bagi kita untuk terus membangun kota Banjarmasin yang Baiman Barasih wan Nyaman,” ucapnya.

la membeberkan hari pahlawan bagi Kota Banjarmasin bukan hanya pada 10 November saja, akan tetapi tanggal 9 November juga menjadi hari pahlawan, kendati demikian makna perjuangannya tidak beda.

“Di Kota Banjarmasin Hari Pahlawan diperingati 2 kali yakni 9 November di Banjarmasin, kemudian 10 November adalah peringatan hari pahlawan di Surabaya,” jelasnya.

Diungkapkan Ibnu, peristiwanya berbeda tapi tidak mengurangi semangat dan nilai-nilai luhur, semangat patriotisme.

Kemudian, la menuturkan perjuangan selanjutnya yakni berjuang melawan kebodohan dan kemiskinan ditambah lagi situasi pandemi Covid-19 untuk saling bersinergi keluar dari pandemi dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk kita bisa keluar dari pandemi dan perjuangan kita sangat berat menghadapi bangsa sendiri kemiskinan, kebodohan dan lain sebagainya,” tutur lagi.

Selain itu, la berharap kepada generasi milenial bukan kolonial untuk terus mempunyai semangat juang dan terus belajar sejarah agar lebih mengenal pahlawan yang nyata bukan hanya pahlawan yang fantasi.

“Ya mudah-mudahan generasi milenial generasi muda kita bisa mengambil spirit para pahlawan lebih kenal dengan pahlawan-pahlawan kita,” harapnya.

Sehingga, lanjutnya, tidak hanya kenal pahlawan fantasi aja tapi yang real pahlawan Indonesia khususnya dari Kalimantan Selatan.

“Yakni pahlawan banua kita Pangeran Antasari, Hasan Basri juga dikenal perjuangannya,” tukasnya.

Walikota menambahkan pahlawan merupakan sosok pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi ibu pertiwi.

“Pahala wan orang yang berpahala karena jasa-jasanya,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *