Gali PADes, BUMDes Satui Timur Luncurkan Destinasi Wisata Teduh

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Rindangnya pohon pinus, menariknya taman bermain anak hingga arena flying fox melengkapi Wisata Satim Park di Desa Satui Timur, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Bahkan destinasi ini ditunjang sarana dan wahana permainan out door hingga lainnya. Misal perahu bebek angsa, jalan titian, gazebo, pemancingan, payung warna warni, taman anak-anak, musik, play grown, ayunan, dan menara pandang.

Bacaan Lainnya

Fasilitas itu menambah menawannya objek wisata yang baru dikembangkan BUMDes Mitra Jaya Utama Desa Satui Timur. Mereka membuat terobosan melalui pengelolaan potensi wisata pohon pinus.

Inovasi ini selurus dengan keinginan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, yang terus mendorong desa agar dalam upaya tingkatkan pendapatan desa.

Inovasi BUMDes ini menarik perhatian Kepala Dinas PMD Samsir, didampingi Pejabat dan Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Ekonomi Kabupaten. Mereka meninjau lokasi wisata tersebut, Rabu (22/12/2021).

Mereka datang untuk melaksanakan pembinaan dan evaluasi pengelolaan Bumdes Mitra Jaya Utama bergerak di sektor pariwisata yang dikenal dengan Wisata Satim Park.

Kepala Dinas PMD, Samsir mengatakan, Bumdes harus berpikir kedepan jangan berpikir sekarang tapi perlu komitmen pengurus Bumdes dan pokdarwis dengan menerapkan sapta pesona.

“Ini sangat bagus, Bumdesnya punya inovasi untuk berkembang. Ini sangat kami dukung. Maka dari itu, kami selalu ingatkan agar Bumdes punya inovasi untuk meningkatkan potensi yang ada untuk peningkatan PADes,” katanya.

Dia juga menyebutkan, pihak Bumdes perlu memperhatikan petunjuk arah menuju wisata, MCK, gazebo, pendopo serta tempat permainan lainnya sering membuat pengunjung senang dan betah.

“Tambah atraksi seni budaya dan event yang sering ditampilkan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung, dan tak kalah penting aset desanya harus jelas, serta regulasi,” imbuhnya.

  • Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir

Samsir berharap, pelaksanaan pembinaan dan evaluasi ini memberikan dukungan bagi bumdes dan pemerintah desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini menjadi pilot project dan bisa diikuti inovasi bagi pengembangan Bumdes lainnya. Ini harus dicontoh,” tandasnya.

Sementara Ketua BUMDes Zainudin didampingi Ketua Unit Bumdes, Sunarwi, mengatakan sejak dibukanya tempat itu dikunjungi banyak orang lokal hingga luar daerah.

“Pengunjung yang datang setiap harinya berjumlah 300 sampai 500 orang. Sedangkan khusus hari Sabtu dan Minggu bisa capai 1.000 orang sampai 1500 orang,” katanya.

Langkah ini mendapat apresiasi Kepala desa Satui Timur, Misransyah. Disebutkannya, untuk tahun 2021 melalui dana desa dianggarkan pengembangan Bumdes sebesar Rp 257.000.000.

Sedangkan tahun 2022,rencananya dana desa konsentrasi pengembangan ekonomi sektor pariwisata melalui Bumdes.

“Pokoknya kami sangat optimis Bumdes akan maju ke depannya, apalagi Bumdes dalam mengelola Wisata Satim Park telah membentuk Pokdarwis. Kami optimis ini akan maju,” ujarnya.

Bersamaan, Camat Satui Ismail, sangat mendukung kegiatan Bumdes ini dan bahkan siap untuk mengkoordinasikan dan sinergisitas dengan SKPD terkait dalam pengelolaan Wisata Satim Park. Khususnya jalan menuju lokasi yang belum beraspal 2,5 KM.

“Kami juga sempat bertemu dengan pengunjung luar Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Saiful Anggota DPRD Kabupaten Batola berkunjung di Wisata Satim Park ini yang sangat senang bisa ke tempat itu. Dia siap akan studi komperasi di Kabupaten Tanbu khususnya terkait pengelolaan Bumdes di Kabupaten Tanahbumbu,” pungkasnya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *