Gali Keberhasilan Pemekaran Desa, Pemkab Tanah Bumbu ke NTB

  • Studi komparasi ke NTB, mencontoh provinsi yang berhasil memekarkan desa hingga definitif

Nusa Tenggara Barat, lenterabanua.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan studi komparasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), guna menggali wawasan dan pengetahuan keberhasilan pemekaran desa, Jumat (19/11/2021).

Tujuan studi yang dipimpin Sekretaris Daerah Dr H Ambo Sakka bersama Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Hj Mariani, Kadis PMD Tanah Bumbu, Samsir dan Tim Pemekaran Desa Provinsi Kalimantan Selatan ini bagian upaya Pemkab berbenah dalam rangka pemerataan pembangunan.

Bacaan Lainnya

Salah satunya dengan menata Desa melalui Pemekaran Desa yang bisa mempercepat pembangun ditingkat desa, sesuai program kerja Bupati Tanah Bumbu dr Zairullah Azhar.

Sekretaris Daerah Tanbu, Dr H Ambo Sakka mengapresiasi sambutan hangat Dinas PMD Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ia berharap, hubungan terjalin kekeluargaan yang baik dalam membangun Daerah melalui pemerintah desa.

“Kami datang kesini ingin mengetahui bagaimana kiat-kiat dalam memekarkan desa, karena NTB satu-satunya provinsi yang disetujui Pusat dalam memekarkan desa, dari desa persiapan menjadi desa defenitif,” katanya.

Ambo melanjutkan, Bupati Tanah Bumbu sangat mendukung desa yang ingin maju karena pembangunan ada di desa. Ketika desa maju , secara tidak langsung Kabupaten juga maju.

“Arahan Bapak Bupati kami, silahkan desa berinovasi dan kembangkan potensi yang ada. Dan inilah harapan beliau agar desa yang sudah layak dimekarkan agar bisa dimekarkan,” paparnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kalimantan Selatan,Syaifullah dan Tim Percepatan Pembangunan Kalsel mendukung keinginan Pemkab Tanah Bumbu mekarkan desa dan akan menjadi pilot project di Kalsel.

“Pada prinsipnya, kami sangat mendukung serta membantu dalam proses pengajuan pemekaran desa untuk menjadi desa defenitif ke Kemendagri,” katanya.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *