Aksi Penanaman Pohon Dukung Program Revolusi Hijau

Banjarmasin, lenterabanua.com – Ratusan pohon produktif berbagai jenis ditanam di Siring muara kelayan, Jalan Pasar Pagi RT 01, Kelurahan Kelayan Luar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Senin (22/11/2021).

Penanaman pohon diarea dekat sungai muara kelayan itu dilakukan oleh aparatur Kelurahan Kelayan Luar bersama jajaran Polri dari Polsek Kecamatan, Koramil, dan unsur masyarakat.

Bacaan Lainnya

Lurah Kelayan Luar, Fadly Aulia SE, menuturkan, pohon-pohon tersebut ditanam sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang secara bersamaan juga menanam ribuan pohon serentak di Kalimantan Selatan

“Jadi penanaman pohon ini dalam rangka untuk men-support program Pemerintah menanam pohon serentak se-Indonesia dengan tema “Revolusi Hijau Kalsel Menanam Bersama Paman Birin,”dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2021,” ujar Fadly Ahok sapaan akrabnya usai kegiatan.

Fadly Ahok menjelaskan, penanaman pohon tersebut penting dilakukan, sebagai sarana membantu masyarakat dalam mengamankan dan menyamankan lingkungan supaya mengantisipasi banjir dan longsor. Mengingat saat ini, kawasan resapan air pun semakin berkurang.

“Apalagi kita tahu sekarang hutan sudah mulai gundul yang membuat resapan air berkurang atau menipis. Jadi semoga dengan dimulainya ini akan berkesinambungan ke depan terutama untuk menanggulangi nanti kekurangan air saat kemarau,” jelasnya.

Fadly Ahok mengungkapkan, selain di Kampung Jalan Pasar Pagi RT 01, kegiatan serupa juga sebelumnya sudah dilakukan dengan menanam belasan pohon di sekitar siring.

“Secara umum ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan, penanaman pohon dipusatkan di kota Banjarbaru, oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Bersyukur lurah antusias mendukung program pemerintah,” tutupnya.

Tidak cuma menanam pohon, kelurahan juga membagikan sejumlah pupuk kompos guna menyuburkan tanaman sebagai stimulus untuk meningkatkan minat masyarakat dalam memelihara dan menumbuhkan tanaman.

Jenis pohon yang ditanam ini meliputi tanaman yang produktif seperti, tanjung, tapakdea, tabuya.

“Artinya memang pohon produktif ini kami tanam untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” sebutnya.

Sementara Sekretaris Camat Banjarmasin Tengah, Hasanul Erfani, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan. Menanam pohon merupakan aksi sederhana yang memiliki dampak positif yang besar.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat terciptanya lingkungan yang hijau, bersih, dan asri sehingga nyaman ditempati oleh masyarakat serta meminimalisir dampak negatif lainnya dari perubahan iklim global,” ucapnya.

Menurutnya, jika sudah muncul dan tumbuh rasa cinta menanam pohon bahkan menjadi gaya hidup, maka tak berlebihan bila suatu saat nanti akan menjadi hadiah untuk anak cucu.

“Dimana anak cucu dapat beribadah, belajar dan bermain di bumi yang hijau dan asri serta mendapatkan hasil dan pemandangan indah dari alam yang bersih,” lanjutnya.

Kegiatan ini, sambungnya, juga merupakan upaya untuk mewujudkan Kota Banjarmasin yang Barasih wan Nyaman (BAIMAN). ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *