Aida Muslimah Bakal Dilantik PAW, Senin Lusa Menyandang Status Legislator RI

Banjarmasin, lenterabanua.com – Kekosongan kursi Wakil Rakyat asal Kalimantan Selatan dari PDI Perjuangan di DPR RI, setelah ditinggal Syarifuddin H Maming (SHM) lebih satu tahun. Namun dalam waktu segera, kekosongan itu bakal terisi.

Kepastian Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan anggota DPR RI dari FPDIP periode 2019-2024 terungkap setelah Plh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Damayanti melayangkan surat undangan kepada Aida Muslimah Rosehan. Ia bakal menggantikan SHM di Senayan.

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, Aida Muslimah merupakan istri mantan Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan Noor Bachri adalah peraih suara terbanyak ketiga PDIP di dapil II Kalsel. Aida tepat berada di posisi ketiga.

Raihan suaranya di bawah dr Sulaiman Umar dengan 109 ribu pemilih lebih. Disusul Syafruddin H Maming dengan perolehan suara lebih 57 ribu pemilih. Sementara, Aida Muslimah mendulang 12 ribu suara lebih.

Aida Muslimah rencana akan dilantik pada Senin (1/11/2021) lusa, pukul 10.00 WIB di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Dalam surat undangan Tersebut diteken Plh Sekjen DPR RI itu bernomor B/175/PT.02.01/10/2021 tertanggal 29 Oktober 2021, Aida Muslimah diminta berpakaian nasional.

Ini karena, selama Aida Muslimah yang akan dilantik sebagai PAW anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan 2, juga ada empat PAW yang turut dilantik dalam rapat paripurna itu.

Dasar pelantikan Aida Muslimah sebagai PAW anggota DPR RI asal Kalsel 2 mengacu pada surat keputusan (SK) bernomor 119/P Tahun 2021 tertanggal 7 Oktober 2021 tentang peresmian Pengangkatan Antar Waktu (PAW).

Tak hanya Aida Muslimah, PAW anggota DPR RI dr Sulaiman Umar yang juga mundur dari parlemen turut dilantik berbarengan. Penggantinya Novri Ompusungsu yang merupakan caleg DPR RI dari dapil Kalsel II.

Menanggapi rencana pelantikan PAW dua anggota DPR RI asal Fraksi PDIP, Rosehan pun langsung mengucap syukur, sehingga kursi wakil rakyat Kalsel yang lama lowong bisa sudah terisi.

“Mohon doa dukungan warga Kalsel, mudah-mudahan ibu (Aida Muslimah) bisa bertugas dengan baik, karena beban Kalsel makin berat. Terutama dalam memperjuangkan pembagian kue pembangunan nasional,” ucap HM Rosehan NB, di Banjarmasin, Jumat (29/10/2021).

Ia mengatakan mengenai penempatan Aida Muslimah maupun Novri Ompusungsu usai dilantik di komisi mana di DPR RI merupakan kewenangan mutlak dari DPP PDIP.

“Yang penting, kami sekeluarga memohon dukungan agar ibu bisa menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat Kalsel di DPR RI Senayan Jakarta,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini.

Sementara Novri ditunjuk sebagai pengganti antar waktu berdasar surat keputusan (SK) bernomor 129/P Tahun 2021 tertanggal 25 Oktober 2021.

Selain keduanya, ada tiga PAW Anggota DPR RI dilantik awal November 2021 ini. Yakni Paulus Ubrungge (Fraksi PAN) dapil Papua, Hj Diah Nurwitasari (Fraksi PKS) dapil Jawa Barat 2, Haris Turino (FPDIP) dari dapil Jawa Tengah 9

Undangan untuk rapat paripurna DPR RI untuk pelantikan PAW, Senin (1/11/2021) di Jakarta itu juga ditegaskan Kepala Biro Persidangan Setjen DPR RI, Suprihartini kepada pimpinan dan anggota DPR RI di Jakarta.

Hal ini berdasar jadwal acara rapat DPR RI masa persidangan II tahun 2021 sidang 2021-2022 yang diputuskan dalam rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPR RI antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi-fraksi di parlemen, 13 September 2021 lalu.

Untuk itu, pihak Setjen DPR RI meminta agar bisa hadir dalam rapat paripurna baik secara fisik maupun virtual dengan agenda pembukaan masa persidangan II tahun sidang 2021-2022 diisi pidato Ketua DPR RI Puan Maharani dan dilanjutkan pelantikan lima PAW anggota DPR RI dari lintas fraksi itu. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *