Penulis : Redaksi

Tanah Bumbu, lenterabanua.comMomen Sumpah Pemuda, Pemkab Tanah Bumbu Lepas Kontingen Porprov

HARI Sumpah Pemuda, menjadi awal Pemkab Tanah Bumbu menaruh ada dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan untuk menorehkan prestasi. Dimomentum itu, pemkab melepas kontingennya.

Diawali apel peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke- 94 di halaman kantor Bupati, Jumat (28/10/2022). Apel dipimpin Asisten II bidang administrasi umum Pemkab Tanah Bumbu, Andi Aminuddin dan di ikuti oleh seluruh pejabat, forkopimda, organisasi kepemudaan dan ASN setempat.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa,”.

Dalam amanatnya, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI yang dibacakan Andi Aminuddin menyampaikan, Sumpah Pemuda memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ucap dia.

Dijelaskan dia, tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” gebu dia.

Dilanjutkan dia, jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” lanjut dia.

Sebabnya, saya mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

“Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” sambung dia.

Kemudian peringatan Sumpah Pemuda dirangkai dengan pelepasan kontingen Atlet Porprov Ke XI asal Tanah Bumbu menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan menyerahkan bantuan BPJS kepada atlet dan oficial.

Selain itu juga Pemkab Tanah Bumbu menyerahkan Bantuan hibah kepada 7 Perkumpulan seni adat dan budaya yang ada di Bumi Bersujud julukan kabupaten ini. [tim]

Advertisements