Sembilan Desa Tanam Varietas Mekongga

TANAM PERDANA : Plt Kadis TPH Banjar H Riza Dauly mencanangkan optimalisasi lahan seluas 700 ha di 9 desa yang menerima varietas unggul padi. 

 

Bacaan Lainnya

 

Martapura, Lenterabanua.com – Sekitar 700 hektare sawah dari 9 desa dibantu bibit padi unggul untuk tanam perdana optimalisasi lahan atau Opla.

Pola tanam yang digadang-gadang mampu 2 kali tanam setahun itu menerapkan Sistem Jajar Legowo 2:1. Menggunakan varietas mekongga. Hasilnya dipanen 3 bulan ke depan.

Penerima bantuan Opla adalah Desa Tambak Anyar Ulu, Tambak Anyar, Tambak Anyar Ilir, Antasan Senor, Pematang Baru, Dalam Pagar Ulu.

Desa Dalam Pagar, Akar Baru, dan Desa Akar Begantung. Sedangkan Gapoktan Warga Bersatu Desa Tambak Anyar dibantu racun tikus dan pompa air. Diserahkan oleh perwakilan BPTP Provinsi Kalsel Sigit Susanto.

Pemerintah Kabupaten Banjar juga bakal melatih 2600 petani milenial. Mereka diajak jadi pembudidaya jeruk, anggur, jagung dan timun.

”Kita kolaborasikan dengan program BPR setelah diluncurkan pinjaman tanpa bunga,” ungkap Riza Dauly, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *