Kader Nasdem Tala  Curhat ke DPW Nasdem

Beramai-ramai datangi DPW Nasdem dan curhat yang berisi suara kekecewaan pengurus DPC Nasdem dari 11 kecamatan se-Tanah Laut terhadap kepemimpinan Ketua DPD Nasdem Tala, Orbawati

Banjarbaru, lenterabanua.com – Posisi Ketua DPD Nasdem Tanah Laut (Tala) Orbawati disoal oleh 11 Pengurus DPC Nasdem se-Tala. Selama 1,2 tahun diberi amanah memimpin Nasdem Tala justru berbuah protes dari kader di bawahnya. Alhasil, DPW Nasdem Kalsel digeruduk 11 DPC dan  meminta Orbawati segera diganti. Mereka mengancam akan mundur dari Nasdem bila Orbawati tetap bercokol sebagai Ketua DPD Nasdem Tanah Laut.

Sejak Orbawati ditunjuk memimpin partai di Tala, banyak membuat kebijakan yang membingungkan. Otoriter dan tidak mengembangkan manajemen partai. Bukannya merangkul pengurus lama, justru mau menyingkirkannya tanpa alasan. Padahal, kader senior yang berada di DPC serta ranting adalah kader lama serta mesin partai yang andal membesarkan partai.

“Kami awalnya diam namun menerima keputusan bahwa Ibu Orbawati memimpin Nasdem Tala padahal bukan dari kader. Yang saya bingung, beberapa waktu kemudian didatangi oleh suami Orbawati. Si suami ini mau ambil jabatan Ketua DPC Pelaihari,” kata Robani, Ketua DPC Nasdem Kecamatan Pelaihari.

Yang membuat Robani bigung, dirinya memiliki SK yang sah sebagai Ketua DPC Nasdem Pelaihari. Sekonyong-konyong akan diganti oleh suami Orbawati bernama Bambang setelah yang bersangkutan mendatangi dirinya langsung. Tentu dirinya tidak terlalu memikirkan jabatan tersebut. namun, sebagai kader lama sangat bigung karena tidak ada komunikasi di internal partai.

“Seakan-akan jabatan ini mau diambil begitu saja secara lisan tanpa ada SK,” tuturnya.

Ternyata, kelakuan serupa juga dialami oleh beberapa rekan DPC Nasdem lainnya. Pengalaman buruk tersebut mengakibatkan dirinya kesal. Bukan ingin mempertahankan jabatan di partai, hanya memerlukan kepastian atau kebenaran saja. Masih dipercaya atau tidak sebagai ketua. Sedangkan SK masih berlaku dan belum dicabut.

“Makanya, saya bersama 11 pengurus lainnya membuat surat pernyataan tidak percaya dengan Ketua DPD Nasdem Tala. Rusak organisasi partai kalau begini,” tutur Robani.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua DPC Nasdem Bumi Makmur Hj Sugianur. Sejak 1 tahun terakhir tidak pernah ada komunikasi dengan Ketua DPD Nasdem Tala. Apalagi acara konsolidasi. Terakhir hanya mengikuti agenda Road Show DPW Nasdem ke Tanah Laut. Itu juga agenda dari DPW Nasdem Kaslel.

“Sudah tidak ada kabar, ternyata saya diganti tanpa ada komunikasi. Yang mengganti masih keluarga dekat saya juga. Dia yang memberitahu saya,” kata Hj Sugianur.

Hj Sugianur mengaku datang ke DPW bersama Ketua DPC Nasdem Bumi Makmur versi Orbawati ke DPW Nasdem Kalsel dan mengadukan kejadian tersebut. padahal, ujar Hj Sugianur, dirinya adalah ketua yang masih dipercaya karena SK jabatan belum dicabut. Sedangkan ketua baru yang ditunjuk oleh Orbawati tidak punya SK namun diangkat melalui pemberitahuan.

“Kebingungan ini yang mengakibatkan kami lapor ke DPW. Ada apa dengan Ketua DPD Nasdem Tala. Kejadian ini yang membuat gejolak sehingga kami menuntut supaya Ketua DPD Nasdem Tala yang diganti,” kata Sugianur lantang.

Sedangkan Sekretaris DPW Nasdem Kalsel H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha mengaku kaget. Bisa ada dua pengurus kecamatan yang datang bersamaan ke DPW Nasdem Kalsel dan mereka mengadukan kebigungan hal yang sama. Dirinya berjanji menginvestigasi sendiri laporan tersebut. Rozanie juga mengaku pernah disodori permohonan pembuatan SK oleh Ketua DPD Nasdem Tala, namun tidak sesuai prosedur sehingga belum diproses.

“Saya akan lapor kepada Ketua DPW Nasdem Kalsel sekaligus izin turun langsung secara acak ke beberapa kecamatan tanpa pemberitahuan untuk mengumpulkan informasi berdasarkan data yang sudah saya pegang,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tanah Laut bergolak. Sebanyak 11 pengurus DPC Nasdem se-Tanah Laut bersama beberapa ranting partai mendatangi DPW Partai Nasdem Kalsel di Banjarbaru, Rabu (11/11/2021) petang. Mereka juga menandatangani petisi mosi tidak percaya kepada Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati.

Mereka mengadukan gaya kepemimpinan Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati selama 1 tahun 2 bulan. Mereka menilai Orbawati adalah ketua dinilai overacting, minim konsolidasi dan pembinaan, main ganti pengurus DPC, serta otoriter dan arogan. Mereka mengancam DPW, akan mundur beramai-ramai jika Orbawati tidak diganti secepatnya.

Padahal, para kader ini adalah sosok orang lama sejak Nasdem masih berbentuk sebagai ormas.

Surat pernyataan tidak percaya dengan Ketua DPD Nasdem Tanah Laut Orbawati langsung diserahkan kepada Sekretaris DPW Nasdem Kalsel H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha. Aksi berani pengurus DPC Nasdem dari 11 kecamatan tersebut tentu mengejutkan karena seluruh surat pernyataan tersebut diteken di atas materai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *