Inovasi Pemuda Tanbu, Ciptakan Peluang Usaha Ditengah Pandemi

BATULICIN, LENTERABANUA.COM – Ditengah pandemi covid-19 saat ini Pemerintah Pusat telah melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menggelontorkan berbagai skema bantuan sosial dan bantuan stimulus untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu di butuhkan peran pemuda yang kreatif, inovatif dan berdaya saing agar memberikan dampak positif pada percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.

Satu diantaranya langkah tepat dalam rangka mendorong terciptanya wira usaha muda di kabupaten Tanah Bumbu, dibentuk Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) sekaligus Marketplace berbasis web milik FKP, Sabtu (09/10/2021).

Panitia Pelaksana Pengukuhan dan Pelantikan FKP Tanah Bumbu, Bung Yusuf mengatakan, Forum Kewirausahaan Pemuda adalah Wadah Perkumpulan Pemuda Pemudi yang fokus mencetak wirausaha muda baru (WUB) dan support sistem pengembangan pemuda yang sudah terjun berwirausaha dengan berpedoman pada UU No. 40 Tahun 2009.

“Untuk membekali pengetahuan pengurus dan anggota FKP Tanah Bumbu dengan ilmu pengetahuan teknologi serta pendalaman skill dan keterampilan manajemen usaha termasuk semua sektor usaha ekonomi terbaharukan dan e-sport juga akan dilakukan secara teknis” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disparpora Tanah Bumbu, Sukandar, S.Pd dalam sambutannya menyambut baik hadirnya FKP di Bumi Bersujud.

“Kami dengan hadirnya forum kewirausahaan Pemuda (FKP) ini sebagai upaya meningkatkan indeks pembangunan pemuda pada indikator kewirausahaan dan diharapkannya program kerja FKP dapat bersinergi dengan program² emerintah daerah,” pungkasnya.

Disebutkan, Kementerian Pemuda dan Olahraga Deputi Kewirausahaan Pemuda mendorong minat pemuda terlibat dalam dunia kewirausahaan. Yakni dengan menginisiasi terbentuknya Forum Kewirausahaan Pemuda Pemudi Indonesia (FKP). Pertama kali didirikan di Anyer, Banten 2010 lalu dan telah tersebar di 34 Provinsi se-Indonesia.

Tanah Bumbu sendiri menjadi perwakilan ke-4 di Provinsi Kalsel, setelah FKP Kota Banjarmasin, FKP Kota Banjarbaru dan FKP Kabupaten Banjar.

Penulis Mustika Dwi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *