Diwarnai Aksi Walk Out, Musorkab Tetapkan H Usman Sebagai Ketua KONI Banjar

Martapura, Lenterabanua.com – Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung di Aston Banua, Rabu (8/11/2021) siang, diwarnai protes dan aksi Walk Out pengurus Cabang Olahraga (Cabor). H Usman Effendy akhirnya ditetapkan sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Banjar periode 2021-2025.

Tanda-tanda agenda pemilihan bakal berlangsung panas sudah diduga sebelumnya. Beberapa cabor yang diwakili Ketua Cabor Karate Banjar Irwan Bora menuding kegiatan lima tahunan itu kurang Demokratis. Pasalnya hanya menyisakan calon tunggal. Sedangkan H Gusti Abdurrachman yang sebelumnya mendaftar namanya tidak masuk nominasi. Namanya dinilai tidak memenuhi syarat setelah tim penjaringan dan penyaringan menggelar pleno tertutup.

Bacaan Lainnya

“Kami memilih walk karena sangat kecewa dengan aturan yang dibuat panitia seleksi. Syarat tim Penjaringan dan penyaringan menutup peluang untuk calon lain,” ungkap Irwan Bora.

Ia menilai, Musorkab sangat dipaksakan agar calon tunggal dan dipilih aklamasi. Dikelola untuk menguntungkan calon tertentu. Padahal, Irwan Bora sangat menginginkan pemilihan ketua baru berjalan demokratis dan lebih transparan.

Terpisah, Ketua Bidang Organisasi, KONI Kabupaten Banjar, Supian AH menyampaikan, semuanya sudah berjalan sesuai dengan mekanisme. Sedangkan mengenai pilihan ketua terpilih harus melalui musyawarah atau voting itu silakan saja.

“Semua sudah sesuai mekanisme, yang mengatakan tidak sesuai mekanisme yang walk out itu,” pungkasnya.

Sedangkan Sekretaris Tim Penjaringan dan penyaringan Kun Nasrullah menjelaskan, H Usman Effendy berhasil terpilih sebagai Ketua Umum KONI Banjar dengan dukungan 18 cabor. Tidak semua cabor berpihak, ada juga beberapa cabor yang memilih netral dan itu merupakan hak mereka. H Usman adalah calon tunggal yang memenuhi syarat sesuai aturan yang sudah diumumkan oleh tim Penjaringan dan penyaringan sejak lama di beberapa media.

Sebelum musorcab, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banjar membuka penjaringan bakal calon Ketua KONI masa bakti 2021-2025. Waktu penjaringan selama 16 hari, dari 18 November sampai 3 Desember 2021. KONI Banjar menunjuk 9 orang yang bertugas sebagai tim Penjaringan.

Mereka adalah Raden Suyatman, H Sofian AH (Cabor Golf), H Hasbi Salim (Cabor Muang Thai), Kun Nasrullah (KONI Banjar). Gusti Hazairin Noor (KONI Banjar), M Hasmi Wahyudi (Cabor Biliar), Nur Saadi (Cabor Anggar), Adi Muliadi (Cabor Senam), dan Sutarno (Cabor Sepak Takraw).

Menurut Raden Suyatman, seluruh calon wajib mengikuti ketentuan syarat seperti pernah menjadi Pengurus Cabang Olahraga Anggota KONI. Atau pernah menjadi Pengurus KONI Kabupaten. Yang dibuktikan dengan SK kepengurusan.

Tidak sedang atau dipastikan dalam waktu dekat memegang jabatan struktural. Yaitu jabatan yang menunjukkan tugas tanggung jawab, wewenang dan hak seorang pegawai negeri sipil dan militer dalam rangka memimpin satuan organisasi Negara atau Pemerintahan antara lain jabatan eselon di departemen atau lembaga pemerintahan non departemen.

Syarat itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 pasal 40 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007 pasal 56 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Semua calon juga tidak sedang atau dipastikan dalam waktu dekat memegang jabatan publik seperti jabatan yang diperoleh melalui suatu proses pemilihan langsung oleh rakyat.

Jabatan itu adalah Bupati, Wakil Bupati dan Anggota DPRD. Lagi-lagi, syarat ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 pasal 40 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan PP Nomor 16 Tahun 2007 pasal 55 Tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Syarat terakhir, mengantongi dukungan minimal 25 persen atau 9 cabang olahraga. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *