Desakan Pencopotan Ketua DPD Nasdem Tala Menguat

Sebelas pengurus DPC Nasdem Tanah Laut mengantar langsung surat pernyataan pencopotan Ketua DPD Nasdem Tala, Orbawati

Banjarbaru, lenterabanua.com – Kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tanah Laut bergolak. Sebanyak 11 pengurus DPC Nasdem se-Tanah Laut bersama beberapa ranting partai mendatangi DPW Partai Nasdem Kalsel di Banjarbaru, Rabu (11/11/2021) petang. Mereka juga menandatangani petisi mosi tidak percaya kepada Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati.

Mereka mengadukan gaya kepemimpinan Ketua DPD Partai Nasdem Tanah Laut Orbawati selama 1 tahun 2 bulan. Mereka menilai Orbawati adalah ketua dinilai overacting, minim konsolidasi dan pembinaan, main ganti pengurus DPC, serta otoriter dan arogan. Mereka mengancam DPW, akan mundur beramai-ramai jika Orbawati tidak diganti secepatnya. Padahal, para kader ini adalah sosok orang lama sejak Nasdem masih berbentuk sebagai ormas.

Surat pernyataan tidak percaya dengan Ketua DPD Nasdem Tanah Laut Orbawati langsung diserahkan kepada Sekretaris DPW Nasdem Kalsel H Akhmad Rozanie Himawan Nugraha. Aksi berani pengurus DPC Nasdem dari 11 kecamatan tersebut tentu mengejutkan karena seluruh surat pernyataan tersebut diteken di atas materai.

Ketua DPC Partai NasDem Kecamatan Takisung Sugito menyatakan, pernyataan sikap itu isinya mendesak DPW Partai NasDem Kalsel segera mengganti posisi Ketua DPD Nasdem Tanah Laut Orbawati. Pihaknya menilai Orbawati sebagai ketua NasDem Tanah Laut sangat otoriter dan arogan.

“Kami yang merupakan kader NasDem, bahkan sebelum berbentuk partai melainkan masih ormas malah disingkirkan setelah dia menjabat sebagai ketua,” beber dia.

Padahal, sambung dia, kader dan pengurus NasDem Tanah Laut yang disingkirkan oleh Orbawati terbukti berjasa besar. Kader dibawah sangat besar jasanya membesarkan partai identik dengan warna biru malam. Bahkan sukses tiap pemilu dan melahirkan keterwakilan di semua daerah pemilihan.

“Kami kader dan pengurus NasDem yang berjuang dengan berdarah-darah membesarkan partai hingga memiliki empat wakil rakyat di DPRD Pemkab Tanah Laut selama dua periode. Sedangkan Orbawati belum terbukti berjasa malah seenaknya main ganti pengurus-pengurus tingkat kecamatan tanpa sedikit pun menghargai keringat kami. Itu sangat arogan,” lantang dia.

Disesalkan dia, partai NasDem di Tanah Laut akan hancur apabila DPW NasDem Kalsel tidak segera melengserkan ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tanah Laut, Orbawati. Sugito sangat sayang dengan Nasdem yang saat ini sangat besar dirusak dari dalam. Bahkan oleh ketua sendiri yang bukan berasal dari kader murni Nasdem.

“Kami sudah sangat sabar selama 1 tahun ini menyaksikan Ketua Nasdem Tanah Laut. Yang kami sayangkan, perjuangan kita bersama dalam membesarkan NasDem di Kabupaten Tanah Laut bertahun-tahun ini jauh sebelum dipimpin oleh Orbawati menjadi sia-sia,” sedih dia.

Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Kabupaten Tanah Laut, Anasi turut menyampaikan dukungan pelengseran Orbawati dari jabatan ketua NasDem setempat.

“Saya sepenuhnya mendukung dengan pergantian pengurus NasDem Kabupaten Tanah Laut. Memang benar yang disampaikan oleh kader dan pengurus NasDem di sebelas kecamatan Tanah Laut. Walaupun menjadi pemimpin partai politik, tidak semestinya seenaknya main singkirkan kader lama di kepengurusan yang baru,” terang dia.

Menanggapi, Sekretaris DPW Partai NasDem Kalimantan Selatan, Akhmad Rozanie Himawan Nugraha menyambut baik penyampaian aspirasi dari kader NasDem Kabupaten Tanah laut.

“DPW selalu terbuka untuk menerima aspirasi dari semua kader di daerah. Terkait hal ini, akan saya sampaikan kepada Ketua DPW NasDem Kalsel. Namun, yang jelas kami akan bersikap setelah melakukan evaluasi dan melihat fakta-fakta di lapangan,” tutup anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *