Cek ke www.arraudhah-sekumpul.com, Sumber Resmi Sekumpul

 

Martapura, Lenterabanua.com – Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul sudah melansir pengumuman Haul Abah Guru Sekumpul ke-17 tahun 2022 kembali ditiadakan. Ternyata, pemberitahuan dan imbauan resmi – dilengkapi kop dan nomor surat serta diupload di media resmi Sekumpul – masih kurang meyakinkan netizen.

Bacaan Lainnya

Ditemukan beberapa jemaah kurang yakin tentang informasi resmi itu. Dibilang kurang meyakinkan. Bahkan dianggap hoax alias kabar palsu. Beberapa netizen di grub – grub percakapan mengaku masih bigung dengan informasi tersebut. Rata-rata menanyakan asli atau tidak.

Kebingungan mereka sangat wajar. Sudsh terlalu lama haul ditiadakan sedangkan kubah juga tak kunjung dibuka. Selama menunggu itu banyak berseliweran kabar tidak terkonfirmasi mengiringi penutupan situs tersebut. Sudah terlalu lama mereka mendapat informasi yang seakan-akan benar ternyata palsu. Terlalu sering disuguhi berita fiktif, akibatnya informasi asli yang jelas sumbernya kurang diyakini kebenarannya.

Relawan Haul Sekumpul, H Abdel Ramadhan memastikan surat tanggal 5 Desember 2021 yang beredar tersebut informasinya bisa dipercaya. Seluruh berita tentang musala, kubah, dan haul selalu diumumkan di laman website resmi www.arraudhah-sekumpul.com.  Menurutnya, pemberitahuan tersebut bentuk kepastian dari ahli waris. Bahwa tahun 2022 haul tidak digelar.

“Kami harap masyarakat mengetahui dan memahami setelah membaca surat yang beredar,” kata Abdel.

Kendati haul sudah dipastikan tidak digelar, masih ada warga yang mengatakan kubah sudah dibuka untuk umum. Info tersebut juga tidak benar, kata Abdel. Pihaknya selaku relawan tetap berpegang dengan keputusan ahli waris bahwa kubah juga belum dibuka untuk umum.

“Sekali lagi kami mohon jemaah tetap mengakses berita yang terkonfirmasi melalui website resmi kami. Kalau masih ada peziarah yang datang dan Diberikan tempat berdoa sekitar Gang Taufik itu murni atas inisiatif warga setempat. Ahli waris tetap meminta tidak ada penumpukan jemaah,” ungkap H Abdel.

Pasca Pemberitahuan dan imbauan resmi bernomor A11/H-17/AR-SKP/XII/2021 pada 5 Desember 2021 tadi, Sekumpul masih dikunjungi peziarah dalam jumlah kecil. Mereka diberikan tempat berdoa di Gang Taufik. Tepatnya halaman rumah warga menghadap Kubah. Di pintu masuk ke arah kubah masih ditempel pengumuman kubah masih ditutup untuk sementara waktu.

Ahli waris Sekumpul, sayyid Amin Badali dan Sayyid Hafi Badali menyatakan, Haul Ayahandanya, Abah Guru Sekumpul, KH M Zaini bin Abdul Ghani yang Ke-17 di tahun 2022 ditiadakan. Itu sudah diputuskan bersama oleh keluarga dan ahli waris. Menurutnya, keadaan masih belum aman dan baik untuk melakukan kegiatan seperti dulu.

“Kami tidak ingin terjadi penuhnya massa dan jemaah yang menjadi kerumunan besar dan menimbulkan hal kurang baik apalagi berhubungan dengan Ayahanda kami. Maka dari itu mari kita semua saling mengingatkan dan berusaha menjaga sikap serta perilaku untuk tidak melakukan sesuatu dan hal-hal yang bisa berdampak negatif dan kurang baik untuk sekitar dan banyak orang,” demikian pengumuman dari kedua Ahli waris.

Mengenai tempat Ziarah di kubah Sekumpul, keputusan lama masih berlaku. Tempat ziarah masih belum dibuka sampai waktu yang belum ditentukan. Dimohon untuk tidak memaksakan diri untuk datang dan melakukan pengumpulan jemaah karena Kubah masih ditutup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *