Berawal Saran Teman, Kolesterol Darah Abu Sembuh dan Sukses Ciptakan Obat Sendiri

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Siapa sangka berawal dari saran seorang teman, H Abu Bakar Sidik (47) warga Gang Nusa RT 01 Desa Baroqah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel berhasil menyembuhkan penyakit kolesterol darahnya.

Bacaan Lainnya

Padahal selama bertahun-tahun Abu sudah mencoba beragam obat, ramuan hingga herbal untuk mengobati penyakitnya. Namun tak juga kunjung sembuh.

Hingga suatu ketika, ditengah kepasrahannya atas penyakit yang ia derita, mendapatkan saran teman untuk mencoba mengkonsumsi air rebusan dari daun benalu batu.

“Alhasil dari waktu ke waktu mengalami perubahan serta tidak ada merasakan lagi gejala kolesterol,” ungkap Abu Bakar Sidik, Jumat (4/2/2022).

Atas pengalaman sakitnya tersebut ia pun mulai mencoba untuk memproduksi secara terbatas dan dibagikan kepada teman-teman yang menderita penyakit yang sama.

“Ternyata hasil rebusan dari daun benalu batu mampu menyembuhkan penderita kolesterol,” tuturnya.

Berangkat dari sejumlah pengalaman itu, Abu Bakar terinspirasi membuka Rumah Produksi Benalu Batu, sejak beberapa bulan lalu.

Ia manfaatkan rumah tempat tinggalnya sekarang menjadi pusat produksi rajangan dari daun pucuk benalu batu bersama keluarganya. Yakni herbal tradisional dari tumbuhan alami pegunungan batu kapur yang saat ini lagi viral di Tanah Bumbu.

Seiring perkembangan, Abu Bakar yang merasakan manfaat dari pucuk daun benalu batu mampu menyembuhkan penderita kolesterol kemudian memastikan khasiat tumbuhan ini.

Ia pun menguji kandungan pucuk daun benalu batu ke laboratorium di Banjarbaru. Hasilnya ternyata terdapat sebanyak enam unsur kandungan yaitu ; Alkaloid, Flavonoid, Saponin, Steroid, Triternoid, dan Tanin.

“Seperti diketahui berbagai macam manfaat kesehatan yang didapat didalam kandungan 6 unsur tersebut. Yakni memacu sistem saraf, menaikkan atau menurunkan tekanan darah dan melawan infeksi mikrobia,” jelasnya.

Dirinya mengaku, saat ini rumah produksi miliknya sudah mampu memproduksi sekitar 100 kemasan perbulannya. Produknya dibanderol seharga Rp.35.000,/per kemasan.

“Alhamdulillah dengan usaha rumahan tersebut yang memproduksi ramuan herbal pucuk daun benalu batu mampu menambah pemasukan untuk biaya rumah tangga,” ucapnya.

Selain itu juga dirinya merasa senang membantu orang yang menderita penyakit kolesterol dan lain-lain berkat mengkonsumsi benalu batu dapat berhasil sembuh.

Ia berharap kedepannya memproduksi secara masal berupa kemasan teh celup yang lebih modern, dan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.

Rumah Produksi Benalu Batu ini mengantongi izin Balai Pengolahan Obat dan Makanan Banjarmasin dan sudah mendapatkan uji laboraturium Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarbaru.

Sementara terpisah Wakil 1 Ketua DPRD Tanah Bumbu Sayyid Ismail Kholil Al Aydrus mengapresiasi hasil olahan ramuan herbal tradisional benalu batu H Abu Bakar ini.

“Produk ini sangat bagus untuk menginspirasi para pelaku UMKM yang ada di Bumi Bersujud. Banyak hasil alam di Tanah Bumbu yang benar-benar bermanfaat dan berkhasiat yang belum diketahui banyak orang,” tandasnya.

Sayyid ismail berharap kedepannya rumah produksi Ramuan Herbal Tradisional Pucuk Daun Benalu Batu ini bisa lebih berkembang dan tingkat pemasarannya lebih luas lagi. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *