Banjir di Satui, Belasan Ribu Jiwa Terdampak

Tanah Bumbu, lenterabanua.com – Diguyur hujan lebat dua hari berturut-turut, 6 desa di kecamatan Satui, kabupaten Tanah Bumbu mengalami banjir parah hingga setinggi 2 meter.

Banjir terjadi akibat luapan air sungai meluber hingga merendam pemukiman di desa Sinar Bulan, Jombang, Satui Barat, Satui Timur, Sungai Danau dan Sejahtera Mulia, kecamatan Satui.

Bacaan Lainnya

“Sedikitnya 3.886 kepala keluarga dan 13.205 jiwa dari data kami yang terdampak banjir parah ini,” terang Abdul Rahim, Camat Satui, Jum’at (14/5/2021).

Ditambahkan Abdul Rahim, Kecamatan Satui bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tanah Bumbu terpaksa mengevakuasi sebagian warga terdampak banjir yang rumahnya tidak memungkinkan lagi untuk ditinggali.

“Sementara kita evakuasi ke beberapa posko pengungsian. Di gedung SMP Negeri 4 Satui di Desa Sinar Bulan, Gedung Serbaguna Sungai Danau, serta posko induk di markas Koramil Satui,” beber dia.

Dikatakan dia, ada kemungkinan banjir akan bertambah parah hingga Jum’at malam ini apabila hujan belum reda dan air laut pasang.
“Prediksi puncaknya jum’at malam ini,” jelas dia.

Terpisah, Kepala BPBD Pemkab Tanbu, Eryanto Rais memastikan sudah menerjunkan personil dan perahu karet untuk mengevakuasi warga terdampak banjir.

“Kita tetap berjaga agar tidak sampai memakan korban jiwa,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial setempat, Basuni mengaku sudah mendirikan dapur umum di Balai Desa Sinar Bulan agar warga terdampak banjir tidak kekurangan makanan.

“Baik warga yang mengungsi maupun yang masih bertahan kita ingin tidak sampai kelaparan atau kekurangan makanan. Juga tenaga medis sudah siaga di dapur umum ikut membantu,” ucap dia.

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar berencana akan merelokasi pemukiman warga yang berada dikawasan rawan banjir.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi warga terdampak banjir. Kedepan kita wacanakan untuk merelokasi pemukiman warga yang berada dikawasan rawan banjir,” ujar Zairullah usai meninjau lokasi banjir dan posko pengungsian, Jum’at (14/5/2021).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *